Kasus Corona Tinggi, Gugus Tugas Jamin Kebutuhan Fasilitas Kesehatan Terpenuhi

Editor: KRjogja/Gus

SUKOHARJO, KRJOGJA.com – Gugus Tugas Percepatan Penanganan Virus Corona Sukoharjo menjamin kebutuhan fasilitas pelayanan kesehatan terpenuhi. Kebutuhan tersebut meliputi obat, rumah sakit, puskesmas dan petugas untuk menangani kasus virus corona semua terpenuhi. Jaminan penting mengingat kasus positif virus corona di Sukoharjo tinggi, bahkan hingga menulari tenaga kesehatan.

Juru Bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan Virus Corona Sukoharjo Yunia Wahdiyati, Rabu (18/11), mengatakan, kebutuhan pelayanan dasar fasilitas kesehatan untuk penanganan kasus virus corona di Sukoharjo sampai saat ini semuanya terpenuhi. Kebutuhan tersebut sudah disediakan Gugus Tugas Percepatan Penanganan Virus Corona Sukoharjo baik ditingkat desa, kelurahan, kecamatan dan kabupaten. Masing masing fasilitas yang disediakan masih memberikan pelayanan pada masyarakat.

Fasilitas pelayanan kesehatan tersebut meliputi meliputi obat, rumah sakit, puskesmas dan petugas untuk menangani kasus virus corona semua terpenuhi. Satu fasilitas tambahan lagi disediakan Pemkab Sukoharjo berupa rumah sehat sebagai tempat isolasi mandiri kasus positif virus corona di wilayah Kelurahan Mandan, Kecamatan Sukoharjo.

“Fasilitas kesehatan untuk penanganan kasus virus corona masih terpenuhi. Kasus di Sukoharjo sendiri memang tinggi dan memang membutuhkan banyak fasilitas disediakan. Belum ada kekurangan sebab sudah terpenuhi mulai dari tingkat desa dan kecamatan hingga kabupaten,” ujarnya.

Salah satu fasilitas yang sudah tersedia sampai ditingkat desa dan kelurahan seperti rumah isolasi mandiri. Penyediaan dilakukan oleh gugus tugas bersama dengan pemerintah desa dan kelurahan. Sedangkan ditingkat kecamatan fasilitas kesehatan disediakan berupa pelayanan di puskesmas. Penanganan kasus mulai dari rapid tes dan tes swab termasuk pelayanan kesehatan lain terkait virus corona sudah ditangani di puskesmas.

Yunia menambahkan, pelayanan kesehatan penanganan kasus virus corona juga bisa dirujuk ke rumah sakit yang ditunjuk. Salah satunya di Rumah Sakit Ir Soekarno, Sukoharjo.

BERITA REKOMENDASI