Kasus Covid-19 Naik, Jenjang SMP Kembali Terapkan PJJ

Editor: Ary B Prass

SUKOHARJO, KRJOGJA.com – Pembelajaran jarak jauh (PJJ) diterapkan untuk jenjang SMP baik negeri dan swasta mulai Selasa (8/2/2022). Pemberlakuan PJJ dilakukan setelah ada kenaikan kasus virus Covid-19 di Kabupaten Sukoharjo. Siswa sekarang belajar dari rumah dengan sistem online atau daring dari guru.

Kepala Bidang (Kabid) SMP Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Sukoharjo Warsini  mengatakan,  sesuai instruksi Bupati Sukoharjo Etik Suryani pembelajaran sekolah untuk jenjang SMP diganti dari sebelumnya Pembelajaran Tatap Muka (PTM) menjadi PJJ. Aturan tersebut berlaku untuk SMP negeri dan swasta mulai Selasa (8/2/2022).

Kebijakan mengganti PTM menjadi PJJ dilakukan Pemkab Sukoharjo setelah melihat perkembangan kasus virus Corona. Sebab dalam beberapa hari terakhir terjadi kenaikan kasus.

Disdikbud Sukoharjo langsung bergerak cepat memberikan informasi perubahan PTM menjadi PJJ sesuai instruksi bupati pada semua sekolah jenjang SMP. Warsini mengatakan, kepala sekolah dipastikan sudah menerima aturan baru tersebut.

“Mulai 8 Februari 2022 pembelajaran kembali ke PJJ. Tidak lagi PTM karena sesuai instruksi bupati setelah melihat kenaikan kasus virus Corona,” ujarnya.

Sekolah jenjang SMP diminta segera melakukan perubahan pembelajaran kembali ke PJJ. Sistem tersebut sudah pernah diterapkan sekolah sebelumnya dan sekarang tinggal diulangi lagi. Sekolah tidak memiliki kendala mengingat sudah pernah menerapkannya.

“Guru tetap memberikan pembelajaran pada siswa secara online atau daring karena PJJ. Diharapkan siswa tetap belajar dan mengikuti apa yang diarahkan guru,” lanjutnya.

Terkait perubahan sistem PJJ ini, Warsini mengatakan Disdikbud Sukoharjo tetap akan melakukan pengawasan terhadap sekolah. Hal ini berkaitan dengan sistem pembelajaran yang mendadak diganti dari sebelumnya PTM. Pengawasan penting lainnya dilakukan dengan melibatkan sekolah dan orang tua murid untuk selalu mengawasi anak didik tetap mematuhi protokol kesehatan (Prokes). (Mam)

BERITA REKOMENDASI