Kasus Positif Covid di Wonogiri Meningkat, Bupati Akui Perlawanan Masyarakat Lemah

Editor: KRjogja/Gus

WONOGIRI, KRJOGJA.com – Bupati Wonogiri Joko Sutopo menyebutkan melonjaknya kasus Covid 19 di daerahnya dipicu banyak hal. Salah satunya, tingkat kesadaran masyarakat dewasa ini sudah melemah karena pandemi sudah relatif lama melanda dunia termasuk daerah Wonogiri. Hal itu diungkapkan bupati kepada wartawan usai menggelar rapat koordinasi (Rakor) penanggulangan Corona atau Covid 19 di Ruang Giri Manik Kompleks Setda Wonogiri, Kamis (10/12).

Menurut Joko, adanya pelonggaran atas kegiatan masyarakat berbasis kultur seperti ijin hajatan menjadi pemicu naiknya angka pasien positif Covid. “Kasus yang banyak terjadi saat hajatan famili yang ada di luar kota mudik sehingga muncul Klaster perjalanan,” kata pria yang akrab disapa Mas Jekek sembari menambahkan anggota keluarga yang ada di rumah (hajatan) menjadi OTG atau orang tanpa gejala.

Hasil rakor penanganan Covid yang melibatkan hampir seluruh kepala OPD di Setda Wonogiri juga mengantisipasi penyebaran Covid dari Klaster pariwisata. “Makanya tadi kita sepakati penutupan objek wisata (Obwis) Wonogiri menjelang libur panjang akhir tahun,” ungkap Jekek seraya menambahkan surat keputusan bupati untuk penutupan Obwis di daerah Wonogiri akan segera dikeluarkan.

BERITA REKOMENDASI