Kaum Bapak Mulai Dilibatkan Tanggulangi Kasus Stunting

SOLO, KRJOGJA.com – Kasus stanting di Solo relatif masih tinggi, kalangan bapak mulai dilibatkan dalam pecegahan gangguan pertumbuhan tinggi badan pada bayi tersebut. Selama ini pencegahan stunting  lebih dibebankan sebagai tanggung jawab ibu, terutama kalangan ibu hamil, padahal bapak-bapak kadang justru menjadi salah satu sumber penyebab stunting.

Baca Juga: Lomba 17-an Tak Biasa, Tarik Tambang Lawan Lokomotif

Kepala Dinas Kesehatan Kota (DKK), Siti Wahyuningsih usai pembukaan Gerakan Bapak Sadar Gizi dalam Pencegahan Stunting, di Kusuma Sahid, Rabu (21/8/2019) menyatakan, penyebab bayi lahir stunting lebih banyak dipengaruhi faktor lingkungan, ketimbang aspek kesehatan. Faktor lingkungan tersebut, diantaranya asap rokok, selain pula sanitasi yang buruk.

Ibu hamil yang terpapar asap rokok, jelasnya, beresiko tinggi bayi yang dilahirkan nanti mengalami stunting. Terlebih kondisi tersebut diperparah dengan sanitasi lingkungan kurang baik, serta kondisi ekonomi keluarga yang kurang memadai. Alternatif terbaik untuk mencegah stunting, menghilangkan sumber pemicu, termasuk kalangan bapak yang memiliki kebiasaan merokok di dekat isterinya yang tengah mengandung.

Kendati setiap tahun kasus stunting mengalami penurunan, namun pada tahun 2018 lalu masih ditemukan sekitar 388 kasus. Jika seluruh elemen masyarakat dilibatkan dalam pencegahan stunting, termasuk pemberian asupan gizi yang memadai, diyakini angka gangguan pertumbuhan tinggi badan bayi ini dapat ditekan serendah mungkin, bahkan hingga ke titik zero.

Di sisi lain, Walikota Solo FX Hadi Rudyatmo menambahkan, fasilitasi layanan kesehatan yang diswdiakan Pemerintah Kota (Pemkot) Solo bagi ibu hamil, senwnarnya cukup lengkap. Selain pemeriksaan rutin di seluruh fasilitas kesehatan, juga disediakan layanan cek laboratorium gratis sebanyak tiga kali, masing-masing saat usia kandungan tiga bulan, enam bulan, dan sembilan bulan. Selain itu, juga dibuka kelas ibu hamil, yang seluruhnya bermuara untuk menekan Angka Kamatian Ibu (AKI), Angka Kematian Bayi (AKB), dan stunting.

Terkait dengan peran kaum bapak dalam upaya mencegah stunting, pria bersapaan akrab Rudy ini mengungkapkan, minimal bapak-bapak tidak lagi merokok di dekat isteri yang tengah hamil atau di dalam ruangan rumah. Akan lebih baik jika menghentikan kebiasaan merokok, tegasnya, namun jika memang belum mampu, setidaknya mengisolasikan diri saat merokok sehingga tidak berefek pada orang lain.(Hut)

 

 

 

 

BERITA REKOMENDASI