‘Kawal’ Petani, Tentara Ikut Bajak Sawah

Editor: Ivan Aditya

SRAGEN, KRJOGJA.com – Sinergi anggota TNI dan petani di Kabupaten Sragen dalam rangka meningkatkan produktivitas pertanian terus ditingkatkan. Tidak hanya sebatas melakukan penyuluhan dan sosialisasi, para anggota TNI tidak sungkan untuk terjun langsung ke sawah ikut menggarap lahan.

Seperti yang dilakukan anggota Babinsa Kodim 0725/Sragen, Serda Sunarto yang ikut mendampingi petani di Desa Puro Kecamatan Karangmalang saat membajak sawah. Pembajakan sawah dilakukan dengan menggunakan mesin untuk membantu percepatan tanam.

Langkah terjun langsung di sawah ini, menurut Serda Sunarto, merupakan salah satu bentuk pengawalan dan pendampingan kepada seluruh kelompok tani. "Kami akan selalu ada dan bersama petani dalam setiap proses atau tahapan pengolahan sawah. Sebisa mungkin kami ikut terjun ke sawah membantu petani," ujarnya.

Kehadiran anggota Babinsa membantu petani di sawah membuat para petani menjadi lebih semangat bekerja. Pendampingan dilakukan mulai dari proses awal penggarapan sawah, penanaman bibit, pemupukan hingga saat panen nanti. Hal ini terus dilakukan bareng agar produktivitas padi tetap terjaga.

Sumardi, petani Desa Puro mengaku senang dibantu anggota TNI saat menggarap sawah. Bantuan dan pendampingan ini dirasa sangat berguna karena perkembangan tanaman padi selalu terpantau. "Saya juga kaget, Tentara kok mau kotor-kotoran terjun ke sawah. Ini membuktikan hubungan yang akrab petani dengan tentara," ujarnya. (Sam)

BERITA REKOMENDASI