KBM Tatap Muka di Sukoharjo Mulai Januari 2021

Editor: KRjogja/Gus

SUKOHARJO, KRJOGJA.com – Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Sukoharjo siapkan sistem pembelajaran tatap muka di sekolah mulai Januari tahun 2021 mendatang. Sejak pandemi virus corona kegiatan belajar mengajar menerapkan sistem online atau pembelajaran jarak jauh (PJJ). Teknis pelaksanaan masih disiapkan dan kegiatan di sekolah nanti dengan tetap menerapkan protokol kesehatan.

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Sukoharjo Darno, Rabu (25/11), mengatakan, sejak pandemi virus corona muncul sekitar Maret lalu sampai sekarang kegiatan belajar mengajar tidak lagi digelar di sekolah melainkan diganti dari rumah atau PJJ. Sistem yang diterapkan yakni mengubah dari tatap muka menjadi online. Hal itu dilakukan untuk menghindari kerumunan yang bisa berpotensi menjadi media penularan virus corona.

Penerapan sistem PJJ dianggap kurang efektif karena kegiatan belajar siswa tidak terkontrol. Selain itu guru juga dianggap kurang efisien memberikan pembelajaran karena terbatas jarak dan harus menggunakan metode online.

Darno mengatakan, selama belajar di rumah juga banyak ditemukan anak justru sering bermain diluar dan tidak terkontrol orang tua. Hal ini justru rawan terjadi penularan virus corona mengingat status Sukoharjo sekarang masih kejadian luar biasa (KLB) virus corona.

“Sudah ada petunjuk dari pusat melalui Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan dimana kegiatan belajar mengajar tatap muka di sekolah akan diterapkan mulai Januari tahun 2021 mendatang. Sekarang sedang dilakukan persiapan teknis,” ujarnya.

BERITA REKOMENDASI