Kehabisan Makanan, Kawanan Kera Serang Kambing

Editor: KRjogja/Gus

WONOGIRI (KRjogja.com) – Serangan kera ekor panjang di daerah Kabupaten Wonogiri makin nekad. Kalangan warga Kajar Desa Pokohkidul Kecamatan/Kabupaten Wonogiri resah lantaran kawanan kera tersebut belakangan ini sudah berani mengganggu ternak piaraan (kambing) milik sejumlah penduduk.

Kepala Desa Pokohkidul Wuryatno, Rabu (4/4), membenarkan adanya serangan kawanan kera ekor panjang di desanya. "Setidaknya sudah ada tiga kambing milik warga Kajar yang diserang kera ekor panjang," ujar dia.

Disebutkan, kawanan kera yang diduga dari pegunungan Gandul Wonogiri itu masuk Kajar Pokohkidul (sejauh 10 Km) lantaran di dalam hutan sudah tidak ada lagi makanan. Sebelumnya, kawanan binatang liar itu meresahkan warga lantaran kerap merusak rumah khususnya genteng dan tanaman buah (pepaya, pisang, jambu air) yang ada halaman atau pekarangan rumah warga.

"Kami sudah meneruskan laporan warga desa kepada dinas terkait untuk antisipasi agar serangan kera tidak meluas menyerang kambing-kambing lain," kata Kades Pokohkidul. (Dsh)

BERITA REKOMENDASI