Kelangkaan Solar Juga Melanda Wonogiri

Editor: Agus Sigit

WONOGIRI, KRjogja.com – Kalangan pengusaha angkutan anggota Organisasi Angkutan Darat (Organda) Wonogiri mengeluhkan sulitnya mendapatkan BBM jenis solar. Dalam 5-6 hari terakhir solar dilaporkan menghilang di sejumlah SPBU di daerah tersebut.

Bahkan, Ketua Organda Wonogiri Edi Purwanto, Kamis (21/10) menyebutkan kelangkaan solar sudah dirasakan sejak dua pekan lalu. Pihaknya berharap agar pihak terkait agar segera mengambil langkah konkret agar masalah ini segera teratasi.
“Kalau berkepanjangan dikhawatirkan bakal mengganggu ekonomi masyarakat di tengah pandemi Covid 19 ini,” ujar dia. Ditambahkan, kelangkaan BBM solar akan berdampak naiknya harga sembako.

Edi yang juga pengusaha bus malam antar provinsi atau AKAP PO Sumba Putra Tirtomoyo menambahkan, bus juga kesulitan karena dibatasi dalam pengisian solar. Tiap bus dibatasi mengisi solar maksimal Rp 300.000 di setiap pom bensin. Itupun tidak setiap pom bensin memiliki stok solar. Alhasil, waktu perjalanan bagi penumpang jadi tak jelas karena bus perlu mencari pom bensin yang memiliki solar. Waktu yang dibutuhkan untuk mengantre solar minim setengah jam dan bisa mencapai satu jam.
Sopir truk Wahono, warga Manjung Kecamatan Wonogiri yang ditemui KR di SPBU Pokoh mengaku “berburu” solar hingga beberapa tempat, semuanya habis. Pria menambahkan lebih baik tidak berkerja mencari order batu gunung lantaran belum bisa mengisi tanki kendaraanya.

Area Manager Communication, Relations & CSR Pertamina Patra Niaga Jawa Bagian Tengah, Brasto Galih Nugroho, yang dikonfirmasi melalui ponsel mengatakan pasca pelonggaran PPKM, aktivitas masyarakat berangsur normal. “Itu juga mengakibatkan permintaan BBM solar belakang ini lebih tinggi,” kata dia.

Menurut dia, naiknya permintaan hingga 16 persen dibandingkan hari-hari sebelumnya pihaknya sudah melakukan langkah terkait meningkatnya demand solar. Salah satunya menambah pasokan solar di sejumlah SPBU yang memiliki permintaan solar tinggi. Pihaknya berharap antrean akibat kelangkaan solar di sejumlah daerah termasuk di Wonogiri bisa segera teratasi.-(Dsh)

 

 

BERITA REKOMENDASI