Keluarga Besar TNI Ziarah Makam Pak Harto

Editor: KRjogja/Gus

KARANGANYAR (KRjogja.com) – Dalam rangkaian kegiatan menyambut HUT TNI ke-71, jajaran TNI dipimpin Jenderal TNI Gatot Nurmantyo melakukan ziarah makam presiden Soeharto dan keluarga di Astana Giribangun (AGB), Matesih, Rabu (28/9). Turut hadir Kepala Staf Angkatan Laut (KSAL) Laksamana Ade Supandi, Kepala Staf Angkatan Udara (KSAU) Marsekal Agus Supriyatna dan Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) Jenderal Mulyono.

 

Selain itu juga diikuti pangkotama se-Indonesia, pati bintang dua ke atas dari TNI AD, AL dan AU. Hadir dalam kesempatan itu putri mantan presiden Soeharto, Siti Hediati Hariyadi (mbak Titik) yang kini menjabat Wakil Ketua Komisi IV DPR RI. “Jangan sekali-kali melupakan sejarah karena ada peristiwa penting dan pembelajaran di dalamnya,” kata Jenderal TNI Gatot Nurmantyo.

Rombongan ziarah memanjatkan doa di area cungkup Arjosari kemudian menebar bunga ke makam Pak Harto dan Bu Tien. Ziarah makam di AGB merupakan agenda ketiga setelah rombongan berziarah ke makam presiden pertama Soekarno di Blitar dan makam presiden keempat Abdurrohman Wahid (Gus Dur) di Jombang, Jawa Timur. Usai berziarah di AGB, rombongan melanjutkan perjalanan ke makam Panglima Besar (Pangsar) Jenderal Soedirman di Yogyakarta.  

“Ziarah ke makam presiden terdahulu dan jenderal besar Sudirman mulai tahun ini digalakkan dalam rangka HUT TNI, peringatan hari kemerdekaan dan hari pahlawan. Bangsa yang besar adalah yang menghargai jasa para pahlawan,” katanya.

Bagi keluarga besar TNI, para tokoh tersebut merupakan sesepuh yang pantas didoakan. Sedangkan bagi bangsa ini, mereka menginspirasi generasi muda untuk melanjutkan perjuangannya. Dia juga mengatakan, ziarah ke makam presiden terdahulu menjadi kewajiban personel TNI, mengingat instansi ini berada di bawah kendali langsung kepala negara. (R-10)

BERITA REKOMENDASI