Keluarga Haji Dilarang Menjemput ke Debarkasi

Editor: Ivan Aditya

KARANGANYAR (KRjogja.com) – Keluarga jemaah haji asal Kabupaten Karanganyar dilarang menjemput ke Debarkasi Donohudan atau Bandara Adi Soemarmo. Panitia haji daerah bertanggung jawab memulangkan para jemaah haji dari bandara ke kampung halaman berikut barang bawaan.

Hal itu dikemukakan Asisten Sekda Bidang Ekonomi Pembangunan dan Kesra, Siti Maesyaroch dalam rapat pemulangan haji di ruang rapat kantor bupati, Senin (19/09/2016). Keluarga boleh menjemput jemaah haji di Masjid Agung Karanganyar khusus domisili selain wilayah Gondangrejo dan Colomadu. Sedangkan jemaah asal dua kecamatan tersebut dikoordinir IPHI dan Forkopimcam setempat.

“Menjemputnya di Masjid Agung, khususnya yang rumah wilayah Kecamatan Karanganyar dan sekitarnya. Dari Gondangrejo dan Colomadu akan dikoordinir IPHI setempat. Jangan menjemput di bandara. Malah menghambat nanti. Petugas harus memastikan semua jemaah masuk ke bus,” kata Siti dalam forum yang dihadiri personel pemulangan haji Kabupaten Karanganyar dari unsur Dishubkominfo, Polres, Satpol PP, Kemenag, DKK, PMI, IPHI, Camat dan Kodim.

Para petugas penjemput diminta tegas melarang keluarga mengambil paksa jemaah haji di debarkasi. Keluarga perlu diberi pengertian lokasi yang telah disiapkan Pemkab Karanganyar terkait serah terima jemaah ke masyarakat.

Berdasarkan keputusan Bupati Karanganyar No 451/430 tahun 2016 tentang Pembentukan Pemberangkatan dan Pemulangan Haji disebut 352 jemaah asal kloter 20 dijemput dari debarkasi pada Minggu (25/09/2016) pukul 23.15 WIB. Dari jumlah itu, 69 orang dari Colomadu diantar satu bus besar dan satu bus mikro ke kampung halamannya oleh IPHI dan Forkopimcam. Sedangkan 283 orang selain Colomadu diantar menuju Masjid Agung di enam unit bus. Di kloter ini seorang jemaah meninggal dunia atas nama Sutini (54) asal Tawangmangu.

Terdapat tiga orang jemaah haji susulan di kloter 49 yang akan tiba di Tanah Air pada Sabtu (08/10/2016) dini hari. Serah terima ke keluarganya didampingi petugas Kantor Kemenag Karanganyar di debarkasi. Adapun pemulangan 116 jemaah haji kloter 56 pada Senin (10/10/2016) memakai cara serupa kloter 20. Di kloter 56 terdapat 37 jemaah asal Gondangrejo dan 79 jemaah di luar kecamatan itu.

Siti mengatakan, koper milik jemaah asal Colomadu dan Gondangrejo dapat diambil di Masjid Agung atau Asrama Haji Donohudan dengan menunjukkan dokumen. (R-10)

BERITA REKOMENDASI