Kembalikan Fungsi Sungai BPBD Sukoharjo Bentuk Sekolah Sungai

Editor: KRjogja/Gus

SUKOHARJO (KRjogja.com) – Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Sukoharjo mendirikan sekolah sungai. Hal ini dilakukan sebagai bagian dari upaya meningkatkan peran serta semua pihak peduli terhadap keberadaan sungai.

 

Kepala BPBD Sukoharjo Suprapto, Senin (29/8) mengatakan, sekolah sungai merupakan penamaan dari kegiatan BPBD Sukoharjo dalam rangka melibatkan semua pihak mengembalikan fungsi sungai. Sebab sekarang banyak sungai disejumlah wilayah di Sukoharjo sudah kehilangan fungsinya. Akibatnya sungai justru menjadi penyebab utama terjadinya bencana alam seperti banjir. “Jadi sekolah sungai ini bukan sekolah di pinggir sungai atau bangunan sekolah. Melainkan hanya penamaan saja mempermudah nama mengajak masyarakat lebih peduli terhadap fungsi sungai,” ujar Suprapto.

BPBD Sukoharjo sudah setahun lebih membentuk sekolah sungai dengan berbagai kegiatan. Salah satunya yakni kerja bakti bersama membersihkan sungai.
Apabila ditemukan sungai yang mengalami masalah seperti sedimentasi, penyempitan, pohon tumbang sehingga menganggu arus air maka segera ditangani. Kegiatan juga dilakukan untuk penanganan sampah yang menjadi penyumbat.

Salah satu sungai yang sering dijadikan sasaran kegiatan yakni di Kali Langsur, Sukoharjo Kota. Disini tidak hanya kerja bakti bersama namun juga sosialisasi petugas ke masyarakat. “Minggu depan kami akan rapat koordinasi bersama bergerak dan salah satu kegiatannya yakni deklarasi besar berkaitan dengan adanya sekolah sungai ini,” lanjutnya. (Mam) 

BERITA REKOMENDASI