Kemenag Terbitkan Panduan Ibadah di Masa Pandemi Covid-19, Begini Selengkapnya

KARANGANYAR, KRJOGJA.com – Salat Id di hari raya Idul Fitri 1441 H tidak dianjurkan dilaksanakan di tempat lapang maupun di masjid dengan jamaah yang berjumlah banyak. Untuk meminimalisasi risiko penularan covid-19, salat Id disarankan di rumah saja.

Kepala Kantor Kementrian Agama (Kemenag) Karanganyar Wiharso mengimbau umat Islam menyambut Idul Fitri dengan tetap tinggal di rumah. Menurutnya, hari kemenangan harus disambut dengan suka cita meski tidak harus dengan anjang sana dan anjang sini. Di dalam rumah pun esensi kemenangan melawan hawa nafsu dapat dirayakan bersama keluarga.

Terkait pelaksanaan salat ied, ia menyebut ibadah itu sunnah yang dianjurkan dilaksanakan oleh umat Islam. Bahkan bagi perempuan yang sedang haid meski ia tidak ikut salat. Salat Ied di tengah pandemi covid-19 juga diminta menjaga diri dan orang lain dari terjangkit penyakit itu. Sehingga, pelaksanaannya di rumah bersama keluarga inti sangat dianjurkan. MUI ataupun Kemenag akan memberikan panduan salat ied di masa pandemi covid-19, supaya masyarakat belajar fikih dan lebih tenang menjalakan ibadah.

BERITA REKOMENDASI