Kemenparekraf Bersama UI Jalankan Program Berbasis Kesehatan di Desa Wisata Sumberbulu 

Editor: Ary B Prass

KARANGANYAR, KRJOGJA.com– Kementrian Parekraf bersama Universitas Indonesia dan stakeholder lainnya bakal mengembangkan wisata berbasis kesehatan di Desa Wisata Sumberbulu, Desa Pendem Mojogedang.
Menurut Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Uno, pihaknya bersama Universitas Indonesia dan Pemkab Karanganyar bakal mengenjalankan program Sertifikasi CHSE (cleanliness, health, safety, and environment sustainability).
Program ini memberikan stimulan penerapan protokol kesehatan yang berbasis pada kebersihan, kesehatan, keamanan dan keberlangsungan lingkungan di wilayah binaan.
“CHSE tadi itu ini langsung menghadirkan Prof. Fatma Lestari kawan saya dari Universitas Indonesia. Kami menggandeng Universitas Indonesia membuat program pendampingan protokol kesehatan, berupa keselamatan, kebersihan, kesehatan dan keberlangsungan lingkungan di Desa Sumberbulu. Ini standar yang kita pastikan bisa berjalan karena hari ini Karanganyar jadi level 2. Kita harus jaga agar statusnya tidak memburuk,’’ kata Menparekraf saat mengunjungi Desa Wisata Sumberbulu yang masuk dalam 50 besar Desa wisata terbaik nasional, Sabtu (9/10/2021).
Disampaikannya, desa wisata Sumberbulu dapat menjadi destinasi strategis yang akan menjadi bagian dari pola perjalanan Borobudur. Seperti diketahui, Borobudur adalah super destination di Indonesia.
‘’Dan ada beberapa kawasan strategis pariwisata nasional disini,’’ kata mantan Wagub DKI tersebut.
Sandiaga Uno menambahkan, Desa Wisata Sumberbulu telah menjadi desa wisata terbaik mengalahkan desa wisata lain yang berkelas dunia. Hal ini diharapkan memacu semangat optimisme ke depan.
‘’Sambil beriringan bangau terbang, selamat tujuan mencari makan. Desa wisata Sumberbulu akan gemilang tentu dengan inovasi yang akan kita kembangkan,’’ kata Sandiaga berpantun sebelum meninggalkan lokasi.

BERITA REKOMENDASI