Kementrian Kominfo Gelar Wayang Kulit Virtual di Karanganyar

Editor: KRjogja/Gus

KARANGANYAR, KRJOGJA.com – Pagelaran wayang kulit virtual di Sanggar Dwijo Laras di Sroyo, Jaten, Sabtu (27/2) malam berpesan penanganan Covid-19 dan pemulihan ekonomi nasional. Ki dalang Anom Dwijo Kangko menyisipkan pesan itu dalam cerita Duryudono Gugur.

“Atas nama pemerintah, kami ucapkan terima kasih yang luar biasa karena Kemenkominfo mempercayai Kabupaten Karanganyar melalui Dalang Ki Anom Dwijo Kangko untuk menggelar wayangan secara virtual ini,” jelas Bupati Karanganyar Juliyatmono dalam sambutannya.

Pentas wayang kulit digelar tidak semalam suntuk. Tapi dimulai pukul 08.00 WIB sampai maksimal pukul 24.00 WIB. Ki dalang Anom memampatkan ceritanya ke klimaks dan antiklimaks lalu menyisipkan pesan pemerintah. Tema yang diangkat adalah Dengan Gotong Royong Kita Bangkit dari Pandemi. Adapun penyelenggaranya Kementerian KOMINFO dan Komite Penanganan Covid dan Pemulihan Ekonomi Nasional (KPCPEN).

“Wayang kulit virtual oleh Kemenkominfo ini bertujuan untuk mensosialisasikan bagaimana penanganan covid dan bagaimana pemulihan ekonomi di era pandemi ini kepada masyarakat. Gelaran wayang secara virtual ini agar masyarakat bisa mengikuti dimana saja, dan ini digelar serentak se Indonesia dengan dalang masing-masing daerah,” lanjutnya.

Pentas tersebut juga dapat disaksikan secara tatap muka. Hanya saja, jumlah penonton dibatasi. Selain itu, wajib menerapkan protokol kesehatan (prokes) yakni mengenakan masker, jaga jarak dan cuci tangan pakai sabun di air mengalir.

“Prokes di mana saja membantu mencegah penularan covid-19,” katanya.

BERITA REKOMENDASI