Kemuning dan Pangandaran Dikukuhkan Menjadi Smart Village Nusantara

Program Smart Village Nusantara digagas untuk memberi support di bidang teknologi informasi bagi pengembangan desa yang memiliki banyak potensi. Ia mengatakan tak main-main memberi pendampingan smart village. Justru, program tersebut kesempatannya berbakti bagi negeri. Hanya saja, ia membutuhkan komitmen tinggi dari para stakeholder di desa.

“Sebenarnya banyak yang mengajukan proposal pendampingan smart village. Tapi banyak kriteria harus dimiliki. Desa Kemuning bisa. Karena beberapa aplikasi sudah bisa dijalankan di sini,” katanya.

Wamendes PDTT Budi Arie Setiadi mengatakan, desa adalah masa depan Indonesia. Sebab ada tiga sektor yang dimiliki desa dan bisa dikembangkan menjadi kekuatan ekonomi, yakni pertanian, perikanan dan pariwisata.

“Desa punya tiga keunggulan itu. Jika dikelola maksimal, bisa memajukan desa. Tapi desa maju harus punya tiga ciri, yakni ada anak mudanya, SDM-nya kreatif dan ada partisipasi masyarakat. Ini dimiliki Kemuning, yang bisa menjadi contoh bagi desa lain di Indonesia agar maju dan berkembang,” katanya.

Kepala Staf Kepresidenan, Moeldoko mengatakan desa digital merupakan prioritas program nasional. Melalui smart village, itu akan membuka jendela dunia bagi desa.

“Kita akan bangun 4 ribu desa mandiri internet. Smart village ini mendukungnya,” katanya.

BERITA REKOMENDASI