Kendalikan Harga, Stok Bahan Pangan Akan Ditambah

SUKOHARJO (KRjogja.com) – Kebutuhan bahan pangan di Sukoharjo hingga pertengahan puasa ramadan dan diperkirakan lebaran mendatang aman. Stok masih melimpah ditingkat pedagang di pasar tradisional. Petugas akan terus menambah stok untuk menekan harga hingga lebaran mendatang.

Kepala Dinas Perdagangan, Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah Sukoharjo Sutarmo, Senin (12/6) mengatakan, belum ada temuan kekurangan yang menyebabkan kelangkaan barang khususnya bahan pangan. Semua dalam kondisi terpantau aman baik dari stok maupun harga.

“Petugas kami terus memantau. Hingga pertengahan puasa ramadan ini dalam kondisi aman. Tapi kami terus berusaha menambah stok termasuk menekan harga hingga lebaran mendatang,” ujar Sutarmo.

Data dari Dinas Perdagangan, Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah Sukoharjo ada sejumlah bahan pokok yang mengalami permintaan pembelian dari masyarakat selama puasa ramadan. Ada beberapa yang berpengaruh pada kenaikan harga dan mayoritas lainnya tetap.

Lurah Pasar Ir Soekarno Sukoharjo Tri Sukrisno mengatakan, belum ada kelangkaan bahan pangan dan kenaikan harga signifikan. Kenaikan dan stok terbatas hanya terjadi pada bawang putih karena harus mendatangkan dari luar daerah. “Stok bahan pangan mayoritas aman dan stok melimpah,” ujarnya.

Pedagang daging sapi Pasar Gawok Gatak Sri Samsiyah mengatakan, harga daging ayam diperkirakan akan terus naik hingga lebaran mendatang. Sebab permintaan dari masyarakat sangat banyak seperti sekarang. “Harga daging ayam yang paling sering berubah karena memang permintaan banyak,” ujarnya. (Mam)

BERITA REKOMENDASI