Kendurian, Momentum Kebersamaan Warga Dusun Tepus

KARANGANYAR, KRJOGJA.com – Hajatan rasulan atau lebih dikenal bersih dusun di Dusun Tepus Desa Sewurejo Kecamatan Mojogedang Karanganyar, Jateng diselenggarakan secara sederhana tanpa mengurangi makna kearifan lokalnya. Kendurian di sebuah sendang di dusun tersebut inti prosesi yang seakan tak lekang oleh waktu.

Sekitar 400 keluarga meluangkan kesempatan sekali dalam setahun pada Jumat pon di bulan Agustus. Mereka sengaja ke sendang pagi-pagi benar sebelum lokasi itu ramai lalu-lalang kendaraan bermotor. Area itu berada tepat di tikungan jalan raya Mojogedang-Kerjo. Tiap keluarga membawa dua buah nasi lengkap dengan lauk pauk seperti serundeng, perkedel, peyek dan jangan lombok atau sayur cabai. Makanan tersebut dibungkus panjang nilang yang terbuat dari anyaman daun kelapa. Kemudian

Setelah makanan dikumpulkan di pelataran sendang, sesepuh dusun kemudian memanjatkan doa. Prosesi yang dinamakan kendurian ini momentum kebersamaan warga setempat di tengah kesibukan masing-masing. Secara acak, warga bebas memilih makanan yang bisa disantap saat di rumah.

“Entah sejak kapan bersih dusun dimulai. Tapi sudah masa nenek moyang kami. Di sini, tinggal meneruskan saja warisan ini,” kata Kadus Tepus, Muh Gunadi kepada KRJOGJA.com usai acara kendurian, Jumat (14/8/2020).

Di sendang itu terdapat sebuah punden yang dikeramatkan masyarakat setempat. Konon, itu tempat bersemayam makhluk gaib penjaga dusun. Pernah suatu saat warga sedang mengalami pagebluk atau paceklik sehingga memutuskan meniadakan rasulan. Sayangnya, itu keputusan kurang tepat karena musibah justru kian menerpa. Disebutkan, terjadi kematian bayi secara berturut-turut dan kecelakaan menimpa warganya. Nenek moyangnya memutuskan mempersembahkan sesaji untuk memulihkan kondisi. Ada yang menyebut, pendahulunya menanam kepala kambing di empat penjuru dusun dan kembali menggelar kendurian.

“Lebih dari itu, bersih dusun merupakan wujud syukur atas rezeki melimpah. Baik itu kesehatan maupun materi. Ketenteraman hidup juga patut disyukuri,” katanya.

BERITA REKOMENDASI