Keren! Murid SMK di Wonogiri Produksi ‘Lamborghini’ Bertenaga Listrik

Editor: Agus Sigit

WONOGIRI, KRJogja.com – Mobil mewah Lamborghini ternyata bisa dibuat di Wonogiri. Anak-anak SMK Daya Wangsa Wonogiri membuktikan hal itu. Istimewanya, kendaraan roda empat yang  sebentar lagi selesai pengerjaannya tersebut tidak menggunakan bahan bakar minyak (BBM) namun bertenaga listrik 4WD.
“Kami sengaja membuat kendaraan listrik karena ke depan (kendaraan) dengan BBM premium semakin langka atau dilarang sehingga (banyak yang) beralih ke listrik,” ungkap Kepala SMK Daya Wangsa  Drs Ir H Dikin MPd, Selasa (18/1).
Selain  membuat Lamborghini, SMK Daya Wangsa kini tengah proses  merampungkan pembuatan sepeda motor listrik roda tiga untuk kaum difabel.  Malah, kendaraan pick up, gokart wisata serta motor gede (moge) sudah lebih dulu berhasil selesaikan peserta didik Kelas XII  di bawah asuhan guru pembimbing Aris Budi Rahardjo selaku Kaprodi Teknik  Bodi Otomotif SMK Daya Wangsa dan Adzin Kondo Nurbuat yang juga Kepala Bengkel SMK setempat.
SMK Daya Wangsa Wonogiri yang didirikan H Dikin bersama pengusaha bus Tunggal Daya Ngadirojo, H Sutardi (alm) ini, memang baru seumur jagung. Namun,  soal prestasi dan inovasi yang dilakukan jangan ditanya. Sekolahnya ‘cah ndeso’ itu kini kian ‘moncer’ namanya karena sejumlah perguruan tinggi (PT) favorit seperti UGM, UNY Yogyakarta menugaskan mahasiswanya  melakukan PKL di SMK Daya Wangsa Wonogiri.
“Lamborghini dan mobil/motor listrik buatan anak didik kami sudah kami ikutkan pameran atas undangan Kementerian Pendidikan RI di Jakarta. Nanti kalau sudah jadi 100 persen,  akan kami pamerkan di sini (Wonogiri) untuk memotivasi sekaligus menunjukkan bahwa anak negeri  sudah bisa membuat karya yang monumental,” papar Dikin.
Ditambahkan, teaching factory SMK Daya Wangsa Wonogiri tidak hanya membuat kendaraan roda empat dan dua listrik namun juga karoseri, bodi custom desain juga  sudah mampu memproduksi alat pertanian tepat guna. “Semisal penangkap serangga padi, alat parut kelapa hingga angkringan atau hik smart,”  ujar Dikin. Smart Hik ‘made in’ SMK Daya Wangsa Wonogiri dibuat dengan rangka besi di bagian atapnya ada panel surya lengkap fasilitas WiFi dan charging point lampu. (Dsh)

BERITA REKOMENDASI