Kesehatan 289 Calon Haji Karanganyar Kurang Bagus

KARANGANYAR, KRJOGJA.com – Dinas Kesehatan Kabupaten (DKK) mengklasifikasi 565 jemaah calon haji (JCH) yang akan menunaikan rukun Islam kelima itu sesuai kemampuan fisiknya. Dari jumlah tersebut, 289 diantaranya memiliki catatan kesehatan kurang bagus. 

“Mereka sudah menjalani pemeriksaan pertama dan kedua oleh DKK melalui puskesmas masing-masing. Hasilnya, terdapat catatan-catatan khusus yang dilampirkan dalam dokumen pemberangkatan haji,” kata Sekretaris DKK, Fatkhul Munir, Jumat (21/07/2017). 

Dari pemeriksaan kesehatan tersebut 61 jemaah masuk kategori hijau, 176 jemaah kategori kuning, 113 jemaah kategori merah dan 215 berketerangan putih. 

Munir menjelaskan kategori hijau menunjukkan usia calon jamaah haji kurang dari 60 tahun tanpa penyakit. Untuk warna merah menunjukkan usia calon jamaah yang lebih dari 60 tahun dengan penyakit. Warna kuning menunjukkan usia calon jamaah yang kurang dari 60 tahun dengan penyakit. Sedangkan warna putih menunjukkan usia calon jamaah haji yang kurang dari 60 tahun tanpa penyakit. 

Jika dilihat dari kategori istithaah, sebanyak 231 orang di antaranya memenuhi syarat istithaah dari total 565 jemaah. Istithaah kesehatan jamaah haji adalah kemampuan secara fisik maupun mental yang terukur dengan pemeriksaan yang dapat dipertanggungjawabkan sehingga jamaah dapat menunaikan ibadah sesuai ketentuan. (R-10)

BERITA REKOMENDASI