Ki Manteb Wasiatkan Gamelan untuk Bupati Juliyatmono

Editor: KRjogja/Gus

KARANGANYAR, KRjogja.com – Dalang kondang ki Manteb Soedarsono memiliki urusan belum terselesaikan hingga ajal menjemput. Itu terkait perangkat gamelan miliknya yang akan dibeli Pemkab Karanganyar.

Ketua Seniman Karanganyar (Sekar) Joko Dwi Suranto mengatakan dirinya ditelepon ki Manteb pada 20 Juni lalu. Saat itu, sang dalang memintanya berkomunikasi dengan Bupati Karanganyar Juliyatmono perihal perangkat gamelan.

Ki Manteb memiliki perangkat bersejarah itu yang diminati bupati. Belum sempat bersepakat, pembahasan ki Manteb dengan Juliyatmono terputus selama dua tahun akibat pandemi Covid-19. Joko yang memiliki akses ke pemkab, diminta membuat janji untuk meneruskan pembicaraan. Sedianya, pertemuan itu dijadwalkan awal bulan ini.

“Telepon kaitannya dengan gamelan. Secara detailnya saya tidak tahu, tetapi tanggal 20 Juni Pak Manteb telepon, intinya beliau habis ketemu Pak Bupati mengenai gamelan. Saya diminta mengingatkan Pak Bupati awal Juli ini,” kata Joko kepada KR, Jumat (2/7).

Joko mengaku sudah menyampaikan wasiat atau mandat dari Ki Manteb itu kepada Bupati Karanganyar, Juliyatmono.

“Elingna Pak Bupati mergane petungane arep dipadhangke. Begitu kata ki Manteb. Dalam arti mungkin saja untuk gamelan itu akan dibeli Pemkab. Saya teringat pesan beliau itu. Awal Juni yang beliau maksud ya mungkin ini. Apa tindak lanjutnya nanti keputusan beliau Pak Bupati,” tuturnya.

BERITA REKOMENDASI