Kodim 0726 Sukoharjo Beri Wawasan Kebangsaan Taruna APN

Editor: KRjogja/Gus

SUKOHARJO (KRjogja.com) – Komandan Kodim 0726 Sukoharjo Letkol Inf Taufan Widiantoro memberikan materi peningkatan wawasan kebangsaan kepada taruna dan taruni Akademi Pelayaran Nasional (APN) Surakarta. Kegiatan dilakukan sebagai bagian dari kuliah perdana sekaligus pembekalan.

Direktur APN Surakarta Hadi, Selasa (16/8) mengatakan, peningkatan wawasan kebangsaan ini sengaja digelar dengan peserta para taruna dan taruni sebagai bagian dari usaha akademi untuk mempererat persatuan dan kesatuan. Selain itu juga bertujuan untuk menumbuhkembangkan kesadaran akan kebhinekaan bangsa dan berwawasan kebangsaan tentang nilai Pancasila.

Komandan Kodim 0726 Sukoharjo Letkol Inf Taufan Widiantoro mengatakan, kemerdekaan yang ada sekarang ini merupakan perjuangan bangsa Indonesia sendiri dan bukan pemberian dari negara lain. Dalam memperjuangkan kemerdekaan rela berkorban jiwa dan raga.
“Kita ini dapat melanjutkan pembangunan bangsa dan negara harus ada rasa nasionalisme. Wawasan kebangsaan adalah sudut pandang atau cara memandang yang mengandung kemampuan seseorang atau kelompok orang untuk memahami keberadaan jati dirinya sebagai suatu bangsa,” ujarnya.

Cara pandang yang dimaksud yakni sebagai generasi muda harus saling bantu antar sesama. Wawasan kebangsaan adalah bentuk loyalitas warga kepada negaranya seperti diatur dalam UUD 1945 salah satu isinya yakni memajukan kesejahteraan umum. Hal ini merupakan tujuan kedepan rakyat Indonesia.

Dandim melanjutkan penjajahan selama 350 tahun oleh penjajah tidak ada artinya karena tak memiliki hasil. Justru rakyat bangsa Indonesia yang dilandasi dengan rasa persatuan dan kesatuan mampu menciptakan kemerdekaan.
“Sejarah menjadi suatu pelajaran yang sangat berharga. Mari kita belajar dari sejarah itu ternyata untuk maju dengan pesat kita harus bersatu dan satu tujuan,” lanjutnya. (Mam)

Dandim 0726 Sukoharjo Letkol Inf Taufan Widiantoro memberikan materi wawasan kebangsaan kepada taruna dan taruni APN Surakarta. (wahyu imam ibadi)

 

BERITA REKOMENDASI