Kodim 0726 Sukoharjo Tertibkan Penggunaan Atribut TNI

Editor: KRjogja/Gus

SUKOHARJO (KRjogja.com) – Kodim 0726 Sukoharjo melakukan penertiban terhadap penggunaan atribut TNI. Sasarannya mulai dari pakaian, stiker dan lainnya yang mencatut TNI. Kegiatan dilakukan sebagai bentuk usaha meminimalisir praktek pelanggaran.

Dandim 0726 Sukoharjo Letkol Inf Taufan Widiantoro, Sabtu (13/8) mengatakan, penertiban atribut TNI dilakukan serentak diseluruh wilayah di Kabupaten Sukoharjo. Dandim mengaku memimpin sendiri kegiatan di wilayah Seliran, Jetis, Sukoharjo Kota.

Pada penertiban tersebut petugas dari Kodim 0726 Sukoharjo diterjunkan ke jalan untuk memantau langsung penggunaan atribut. Cukup lama bagi anggota bisa menemukan praktek pelanggaran karena kendaraan yang jadi sasaran tidak ditemukan atribut TNI.

Letkol Inf Taufan yang ikut turun ke jalan kemudian melihat ada satu mobil di kaca belakang tertempel stiker TNI dari kesatuan Kodim 0726 Sukoharjo. Melihat itu Dandim langsung melakukan pengejaran dan berhasil menghentikan mobil tersebut. Saat diperiksa pemilik mobil SM warga Desa Lengking, Kecamatan Bulu tidak bisa menunjukan identitas dirinya sebagai anggota TNI khususnya kesatuan Kodim 0726 Sukoharjo. Atas pelanggaran tersebut Dandim langsung meminta kepada SM sebagai pemilik mobil untuk melepas stiker TNI tersebut.

“Tidak ada satupun kendaraan berplat hitam di luar mobil dinas TNI atau dari Kodim 0726 Sukoharjo yang boleh memasang atribut TNI. Baik itu stiker, bendera dan lainnya tetap tidak boleh,” ujar Letkol Inf Taufan.

Larangan juga diberlakukan secara khusus bagi semua anggota TNI termasuk Kodim 0726 Sukoharjo. Khusus di Kodim 0726 Sukoharjo, Dandim mengatakan tidak pernah memberikan rekomendasi apapun kepada siapapun untuk menjual stiker TNI. Sikap tegas tersebut dilakukan untuk menghindari stigma negative pemilik kendaraan berlogo TNI.

“Jangan sampai ada atribut TNI di kendaraan berplat hitam dan pemiliknya bersikap arogan di jalan. Jelas itu pelanggaran dan bisa diproses hukum,” lanjutnya.

Dandim menghimbau kepada masyarakat yang masih memakai atribut TNI untuk segera melepasnya. Baik itu dalam bentuk stiker di kendaraan pribadi berplat hitam, bendera, kaos mauapun lainnya. Apabila kedapatan masih memakai maka Kodim 0726 Sukoharjo siap menindak tegas. (Mam)

BERITA REKOMENDASI