Komunitas Sahabat Puspo Wardoyo Nguri-Nguri Kebudayaan Jawa

SOLO (KRjogja.com) – Keinginan pengusaha kuliner Puspo Wardoyo untuk mengumpulkan sejumlah temannya saat menjadi guru seni kemudian nguri-nguri kebudayaan Jawa terutama seni kerawitan akhìrnya kesampaian di rumahnya (13/10/2020).

“Saya sempat bertahun-tahun mencari sahabat-sahabat saya dulu yang berprofesi sebagai pangrawit, maupun menekuni kesenian Jawa, saya merasa bahagia akhirnya bisa bertemu dengan kawan lama,” ujar Puspo Wardoyo sembari duduk lesehan di atas tikar yang digelar.

Yang spesial pula, sejumlah kerabat ikut hadir seperti Prof Dr Pande Made Guru Besar ISI, juga Gusti Puger yang ikut menyumbangkan langgam ‘Yen Ing Tawang Ono Lintang’.

“Sekaligus ini mengumpulkan konco konco pengrawit yang sudah lama tidak ketemu. Kami salut kepedulian pak Puspo terhadap karawitan cukup tinggi.” Ungkap Sukamdi, SKar.M.Hum, Dosen ISI.

Pihaknya berharap seni karawitan tetap lestari, mendapatkan tempat, dengan munculnya generasi penerus.
Mendapat mandat menjaga budaya, Puspo Wardoyo mengaku akan tetap nguri uri seni budaya, khususnya karawitan yang melantunkan langgam langgam Jawa.

“Meskipun susah melestarikan karawitan, tapi saya tetap berusaha nguri uri seni karawitan, misalnya nanti saya setel langgam karawitan di warung makan saya,” paparnya. (Hwa)

BERITA REKOMENDASI