Korban Bencana Alam Terima Tali Asih 

Editor: Ary B Prass

KARANGANYAR, KRJOGJA.com – Setelah menunggu berbulan-bulan, akhirnya korban bencana alam di Kabupaten Karanganyar menerima tali asih. Besarannya bervariasi tergantung tingkat kerusakan hunian skala ringan, sedang dan berat.
Untuk hunian rusak berat, tali asih diberikan kepada 38 keluarga masing-masing Rp 5 juta. Rusak sedang ke 43 keluarga masing-masing berhak Rp 3 juta dan rusak ringan ke 36 keluarga masing-masing Rp 1,5 juta. Pemkab Karanganyar memberikannya sebagau bentuk keprihatinan atas kerusakan hunian akibat bencana alam. Dalam hal ini, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) memiliki data kejadiannya. Yakni yang terjadi mulai Desember 2020-September 2021.
“Kejadian bencana alam seperti angin ribut dan tanah longsor yang merusak hunian warga. Ada spesifikasi kerusakan ringan, sedang dan berat. Saya yakin hunian yang rusak sudah diperbaiki mandiri. Namun uang ini bisa dipakai membeli kebutuhan bermanfaat,” kata Kepala Pelaksana Harian BPBD Karanganyar, Bagoes Darmadi, Jumat (24/12/2021).
117 sasaran tersebut tersebar di 50 desa di 17 kecamatan. Uang tali asih diambil penerima secara tunai di pendopo rumah dinas bupati Karanganyar. Bagi mereka yang tidak dapat mengambil sendiri dapat diwakilkan dengan terlebih dulu mengurus surat kuasa.
Bagoes mengatakan, pemberian tali asih bagi pemilik hunian rusak akibat bencana alam merupakan program rutin. Pada tahun ini menghabiskan dana Rp 369,5 juta.

BERITA REKOMENDASI