KPU Sukoharjo: Empat Parpol Calon Peserta Pemilu Lolos Verfak

Editor: KRjogja/Gus

SUKOHARJO (KRjogja.com) – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sukoharjo melakukan verifikasi faktual (verfak) terhadap 14 partai politik calon peserta pemilu 2019. Hasil sementara empat parpol sudah dinyatakan Memenuhi Syarat (MS), mereka yakni Perindo, Nasdem, PSI dan PDIP. Sebanyak 10 parpol sisanya masih dilakukan verifikasi oleh petugas.

Ketua KPU Sukoharjo Kuswanto, Rabu (31/1) mengatakan, verfak dilakukan terhadap 14 parpol calon peserta Pemilu 2019. Verfak dilakukan oleh KPU Sukoharjo atas putusan Mahkamah Konstitusi (MK). Verfak juga dimaksudkan untuk mengetahui secara langsung pemenuhan persyaratan ikut dalam pemilu oleh parpol.

KPU Sukoharjo dalam melakukan verfak dengan mendatangi langsung kantor parpol. Pelaksanaanya sendiri dimulai sejak Selasa (30/1) dengan mendatangi tiga parpol. Sedangkan di hari kedua Rabu (31/1) ada sembilan parpol.

“Tiga parpol sudah masuk MS pada verfak hari pertama yakni Perindo, Nasdem dan PSI. Sedangkan hari kedua dari delapan parpol satu diantaranya yakni PDIP juga masuk MS. Sedangkan delapan parpol saya belum terima laporannya,” ujar Kuswanto.

Proses verfak harus diselesaikan oleh KPU Sukoharjo selama tiga hari berakhir Kamis (1/2). Sebanyak 14 parpol akan didatangi langsung oleh petugas.

Dalam proses verfak petugas KPU mendatangi kantor parpol untuk melakukan verifikasi langsung sejumlah persyaratan menjadi peserta pemilu. Parpol sendiri berkewajiban menyediakan data sesuai dengan kebutuhan termasuk minimal menghadirkan 50 persen anggota dari jumlah kecamatan. 
“Verfak kami lakukan terhadap kriteria seperti keberadaan kantor parpol, pengurus parpol dan keterwakilan 30 persen perempuan dalam kepengurusan parpol,” lanjutnya.

Dalam proses verfak KPU Sukoharjo mengalami sedikit kendala khususnya terhadap Partai PKPI. “KPU Sukoharjo belum bisa menghubungi pengurus Partai PKPI. Komunikasi lewat telepon sudah beberapa kali dilakukan tapi tidak bisa. Pengurus Partai PKPI juga tidak hadir saat diundang sosialisasi oleh KPU Sukoharjo,” lanjutnya.

Meski terkendala namun KPU Sukoharjo tetap akan melakukan verfak terhadap Partai PKPI. Caranya dengan mendatangi alamat kantor Partai PKPI sesuai pendaftaran dalam persyaratan yang diajukan ke KPU Sukoharjo.
 
“KPU Sukoharjo tetap akan mendatangi alamat kantor sesuai alamat yang diberikan pengurus Partai PKPI saat mendaftar. Petugas harus datang langsung karena prosedurnya begitu melakukan verfak. Dengan demikian maka meminimalisir terjadinya masalah dikemudian hari dari partai bersangkutan,” lanjutnya.

Ketua DPC PDIP Sukoharjo Wardoyo Wijaya mengatakan, DPC PDIP Sukoharjo melakukan persiapan jauh hari dengan mempersiapkan berkas yang dibutuhkan KPU Sukoharjo. “DPC PDIP Sukoharjo tetap mengikuti prosedur termasuk verfak dari KPU Sukoharjo,” ujarnya. (Mam)

BERITA REKOMENDASI