KPU Sukoharjo Kekurangan 8.162 Lembar Surat Suara Pilkada 2020

Editor: KRjogja/Gus

SUKOHARJO, KRjogja.com – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sukoharjo selesai melakukan sortir dan pelipatan surat suara Pilkada 2020. Hasilnya diketahui sebanyak 5.847 lembar surat suara rusak dan ada kekurangan pengiriman 2.315 lembar surat suara. Total kekurangan surat suara sebanyak 8.162 lembar surat suara sudah diajukan ke pihak percetakan untuk segera dipenuhi.

Ketua KPU Sukoharjo Nuril Huda, Senin (30/11), mengatakan, KPU Sukoharjo sudah menerima surat suara dari pihak percetakan dan kemudian dilakukan penyimpanan di Gedung Graha Mulia Sukoharjo. KPU Sukoharjo kemudian langsung melakukan sortir dan pelipatan surat suara selama tiga hari terhitung 25-27 November lalu. Proses tersebut telah selesai dan diketahui hasilnya ada kerusakan dan kekurangan pengiriman surat suara dari pihak percetakan.

Data KPU Sukoharjo diketahui surat suara yang diterima dari pihak percetakan sebanyak 677.863 lembar. Hasilnya setelah dilakukan sortir dan pelipatan surat suara diketahui, surat suara dalam kondisi baik sebanyak 669.701 lembar, kurang kirim 2.315 lembar dan kurang karena rusak 5.847 lembar. Total keseluruhan kekurangan surat suara Pilkada 2020 sebanyak 8.162 lembar.

Dalam proses sortir dan pelipatan surat suara diketahui ada beberapa temuan kerusakan. Salah satu bentuk kerusakan tersebut yakni adanya titik tanda di gambar pasangan calon. Kerusakan surat suara tersebut dinilai KPU Sukoharjo parah dan tidak bisa dipergunakan dalam Pilkada 2020. Karena itu surat suara harus diganti baru.

BERITA REKOMENDASI