KPU Sukoharjo Sortir Surat Suara Pilgub Jawa Tengah 2018

Editor: KRjogja/Gus

SUKOHARJO (KRjogja.com) – Surat suara Pilgub Jawa Tengah sudah diterima Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sukoharjo dari KPU Provinsi Jawa Tengah. Selanjutnya dilakukan sortir dan pelipatan surat suara direncanakan membutuhkan waktu selama tiga hari. Hasil sementara diketahui ada temuan beberapa surat suara rusak karena sobek, ada noda tinta dan lainnya.

Komisioner KPU Sukoharjo Nuril Huda, Rabu (23/5) mengatakan, surat suara Pilgub Jawa Tengah diterima molor dari rencana awal Senin (21/5) menjadi Selasa (22/5) sekitar pukul 05.15 WIB. Selanjutnya KPU Sukoharjo melakukan tahapan lanjutan dengan sortir dan pelipatan mulai Rabu (23/5) dan direncanakan selesai pada Jumat (25/5). Paling lambat tahapan tersebut harus selesai Sabtu (26/5).

Total ada 669.754 lembar surat suara sudah diterima KPU Sukoharjo dari pihak provinsi. Jumlah tersebut sudah masuk dalam perhitungan tambahan 2,5 persen untuk penyediaam surat suara cadangan pemilih baru di luar data.

Surat suara yang diterima KPU Sukoharjo dimasukan dalam 335 boks keadaan masih tersegel. Isi dalam setiap boks ada sebanyak 2 ribu lembar.

Saat dalam pengiriman surat suara Pilgub Jawa Tengah 2018 dari provinsi ke KPU Sukoharjo dilakukan pengawalah oleh aparat keamanan. Pengamanan ketat juga dilakukan saat sortir dan pelipatan surat suara.

"Ada sebanyak 71 pekerja dilibatkan dalam proses sortir dan pelipatan surat suara berasal dari warga disekitar lingkungan kantor KPU Sukoharjo. Pada proses ini juga dilibatkan lima orang disabilitas," ujar Nuril Huda.

KPU Sukoharjo setelah ini masih menunggu diberikannya beberapa formulir yang direncanakan datang pada Rabu (23/5). Meski begitu belum diketahui kapan kejelasan waktunya.

"Sedangkan untuk logistik yang pengadaanya dilakukan ditingkat kabupaten diharapkan bisa selesai dan diterima pada 26 Mei nanti," lanjutnya.

Nuril Huda menambahkan, pada hari pertama proses sortir dan pelipatan surat suara ditemukan beberapa catatan seperti kerusakan sobek di tengah lipatan, noda tinta di halaman salah satu pasangan calon, sobek diujung, cetak ganda di dua halaman bolak balik, efek bekas sablon dan lainnya.

Temuan tersebut untuk sementara didata dan nantinya akan dilaporkan ke KPU Provinsi Jawa Tengah. Diperkirakan jumlah surat suara yang rusak masih dimungkinkan bertambah.

"Hasil sementara surat suara yang ditemukan rusak tidak lebih dari sepuluh lembar. Tapi berapapun jumlah kerusakan akan kami laporkan dan meminta ganti ke KPU Provinsi Jawa Tengah," lanjutnya.

Anggota Panwaskab Sukoharjo Eko Budiyanto mengatakan, pihaknya sudah melakukan sudah melakukan pengawasan saat surat suara tiba dan dilakukan sortir serta pelipatan di kantor KPU Sukoharjo. Pengawasan dilakukan sampai akhir pelaksanaan berakhir.

"Benar pada hari pertama sortir dan pelipatan surat suara sudah ditemukan surat suara rusak. Meski sedikit namun tetap jadi catatan," ujar Eko Budiyanto. (Mam)

 

BERITA REKOMENDASI