KPU Sukoharjo Sosialisasi Pendaftaran dan Verifikasi Parpol

Editor: KRjogja/Gus

SUKOHARJO (KRjogja.com) – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sukoharjo menggelar sosialisasi pendaftaran dan verifikasi Partai Politik (Parpol) peserta pemilu 2019. Parpol harus mengumpulkan berkas persyaratan dan mendaftar ke petugas sesuai dengan batas waktu yang ditentukan.

Ketua KPU Sukoharjo Kuswanto, Selasa (3/10) mengatakan, sosialisasi sudah dilaksanakan terhadap parpol pada Senin (2/10). Tahapan tersebut penting karena sebagai bagian dari proses pelaksanaan pemilu.

Parpol wajib melakukan pendaftaran mengikuti pemilu 2019 sesuai dengan aturan dalam UU Nomor 7 Tahun 2017 tentang Pemilu, Peraturan Komisi Pemilihan Umum (PKPU) Nomor 7 Tahun 2017 tentang Tahapan Program dan Jadwal Penyelenggaraan Pemilu Tahun 2019. 

Pendaftaran Parpol resmi dibuka mulai 3 – 16 Oktober di kantor KPU Sukoharjo. Tahap selanjutnya setelah pendaftaran ditutup, KPU Sukoharjo melakukan penelitian berkas administrasi dimulai 17 Oktober – 15 November. 

Tahap selanjutnya pada 15 Desember sampai 4 Januari 2018 akan dilakukan verifikasi faktual kepengurusan dan keanggotaan partai. Puncak 17 Februari 2018 akan dilakukan penetapan parpol pemilu 2019.

“Sosialisasi sebagai bagian pengenalan aturan selanjutnya parpol wajib melengkapi berkas dan mendaftar sebagai peserta Pemilu 2019,” ujar Kuswanto.

Parpol sebelum melakukan pendaftaran sebagai peserta pemilu juga wajib memasukan data melalui sistem informasi partai politik (Sipol). Sipol merupakan sistem teknologi informasi khusus untuk mendukung kerja parpol dalam pendaftaran dan verifikasi parpol.

“Berkas Sipol inilah yang dibawa untuk didaftarkan parpol ke KPU Sukoharjo,” lanjutnya.
Anggota KPU Sukoharjo Nuril Huda mengatakan, parpol yang hadir dalam sosialisasi sudah mengerti dan paham tentang aturan baru. Mereka selain mendapatkan penjelasan dari KPU Sukoharjo, juga telah mengikuti perkembangan informasi.

“Para Parpol tinggal melengkapi berkas persyaratan saja dan tinggal mendaftar. Masing masing Parpol sudah siap,” ujarnya. (Mam)

BERITA REKOMENDASI