Krenova, Ajang Kompetisi Karya Orisinil

KARANGANYAR, KRJOGJA.com – Pemerintah Kabupaten Karanganyar menggelar lomba Kreatifitas dan Inovasi Pelajar (Krenova) eks Karisidenan Surakarta di rumah dinas bupati, Senin (22/10/2018). Kegiatan ini dilaksanakan di Pendopo Rumah Dinas Bupati Karanganyar. Sebanyak 21 kelompok pelajar jenjang SMP-SMA sederajat mengikuti kompetisi Iptek bertajuk ‘Menuju Generasi Bangsa yang Kreativ dan Inovatif’ ini.

“Karya kreativitas dan inovatif kelompok maupun perseorangan. Diutamakan, karyanya bisa langsung diterapkan dan mudah diadopsi. Kita memang butuh karya aplikatif rumah tangga berbahan baku lokal, ramah lingkungan dan manfaat berkelanjutan,” kata Kepala Baperlitbang Karanganyar, Muh Indrayanto kepada peserta dan juri.

Lomba tahunan ini sengaja mempertahankan peserta dari kalangan pelajar. Menurutnya, karya tersebut lebih beragam, orisinil dan dapat disempurnakan. Perpaduan orisinalitas dan pioner penerapannya merupakan faktor penentu pemenang lomba ini.

Dikatakannya, juri merupakan praktisi pendidikan dan teknisi perwakilan tiap kabupaten/kota di eks Karisidenan Surakarta.

“Untuk aspek penilaian yang pertama orisinalitas atau kepioniran, kedua penerapan di masyarakat, ketiga manfaat dan yang keempat keberlangsungan,” lanjutnya.

Dalam sambutannya, Bupati Juliyatmono yang diwakilkan Sekda Samsi berharap kegiatan ini memberikan berkah bagi Bumi Intanpari. Tidak hanya menghasilkan karya-karya inovatif namun juga bermanfaat dan bisa dipatenkan.

“Selamat mengikuti lomba kreatifitas dan inovasi pelajar. Berikan karya terbaik kalian untuk pemanfaatan yang menyuluh bagi masyarakat,” jelasnya. (Lim)

 

BERITA REKOMENDASI