Krisis Rohingya, Umat Budha Wonogiri Deklarasikan 10 Sikap

WONOGIRI, KRJOGJA.com – Pimpinan dan kalangan tokoh agama Budha Kabupaten Wonogiri, Selasa (05/09/2017) menyampaikan sikap terkait krisis kemanusiaan di Rakhine Myanmar. Acara yang digelar di kampus Sekolah Tinggi Agama Budha (STAB) Negeri Raden Wijaya Wonogiri itu mengutuk keras krisis Rohingya. Ada 10 butir pernyataan sikap bersama menyusul pertemuan belasan tokoh Budha daerah Wonogiri. 

Dalam rekomendasi yang ditekeni Ketua PC Magabudhi Wonogiri Drs Sakiran, Ketua STABN Raden Wijaya Dr Hesti Sadtyadi SE MSi dan Ketua YPS BDI Pdt Parmin serta 9 ketua wihara di kabupaten itu menyampaikan empati atas penderitaan pengungsi Rohingya. Mereka juga berharap krisis kemanusiaan di Rakhine segera berakhir.

Dari umat Budha Wonogiri mendesak agar pemerintah Myanmar memberikan perlindungan, bantuan dan hak asasi manusia bagi masyarakat Rakhine. Di sisi lain pertemuan tokoh agama Budha ini mengimbau masyarakat Indonesia untuk menyaring berita yang beredar melalui sosmed dan tidak terprovokasi untuk menyebarkan kebencian.

"Deklarasi bersama ini sebagai bentuk keprihatinan yang mendalam atas krisis di Rakhine yang telah menelan korban jiwa serta kerugian moril yang besar," tandas Sakiran sembari menyebutkan krisis di Myanmar bukan konflik agama melainkan konflik sosial, politik dan kemanusiaan. (Dsh)

BERITA REKOMENDASI