Kuota Siswa Baru SMP Negeri Diharap Terpenuhi

Editor: KRjogja/Gus

SUKOHARJO, KRJOGJA.com – Kuota siswa baru di SMP Negeri diharapkan bisa penuh secara merata baik ditengah kota maupun di wilayah pinggiran. Sebab pelaksanaan Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) SMP tahun ini tetap menerapkan sistem online. Pilihan yang diberikan pada calon siswa saat mendaftar diberi pilihan tiga sekolah negeri.

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Sukoharjo Darno, Senin (8/6) mengatakan, beberapa sekolah negeri khususnya ditingkat SMP perlu mendapat dorongan dan bantuan dari dinas terkait pemenuhan kuota siswa baru saat tahun ajaran baru digelar. Sebab setiap kali PPDB online digelar dan masih diperpanjang dengan PPDB offline sekolah di wilayah pinggiran masih kekurangan siswa.

Penyebab kondisi tersebut karena berbagai faktor salah satunya kurangnya suplai calon siswa baru dari lulusan siswa SD. Selain itu disebabkan karena sulitnya akses sekolah dengan tidak adanya transportasi umum seperti bus dan jauhnya lokasi.

Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Sukoharjo berharap sekolah tersebut mampu memenuhi kuota siswa baru pada tahun ajaran 2020/2021. Kalaupun tidak bisa penuh 100 persen, mininal dikatakan Darno kuota dapat terpenuhi sekitar 80-90 persen.

“Kami harap dan kami perkirakan kuota siswa baru di sekolah negeri khususnya SMP bisa terpenuhi. Banyak faktor pendukung kesana dan sudah diawali dari PPDB online dimana siswa diberi pilihan mendaftar satu jalur ditiga SMP Negeri,” ujarnya.

BERITA REKOMENDASI