Kursi Obgyn Kurangi Rasa Sakit Ibu Akan Melahirkan

Editor: Ivan Aditya

SOLO, KRJOGJA.com – Menjelang melahirkan, ibu hamil mengalami kesakitan dan minta dielus bagian punggungnya. Pada masa pandemi Covid-19, ibu yang kesakitan menjalani proses persalinan tak bisa mendapat sentuhan tangan keluarga, karena adanya pembatasan berkunjung ke rumah sakit.

Melihat realita itu Dr Revi Gama Hatta Novika menangkap ide untuk mambuat alat yang bisa membantu menciptakan rasa nyaman dan mengurangi sakit pada Ibu yang memasuki fase akan melahirkan. Peneliti Fakultas Kedokteran Universitas Sebelas Maret (UNS) Solo pun berhasil mewujudkan kursi obgyn atau juga disebut Effleurage Massage Robot.

Kursi obgyn ini bisa menggantikan peran keluarga ibu hamil untuk melakukan pemijatan dengan teknik pemijatan berupa usapan lembut, lambat, dan panjang atau tidak terputus-putus. Pemijatan ini berguna untuk melancarkan peredaran darah dan relaksasi fisik ibu hamil.

“Dengan alat pijat ini Ibu hamil bisa terbantu merasa nyaman dan rasa sakitnya berkurang, meski tidak ditemani keluarga,” jelas Dr Revi. Effleurage Massage Robot dirancang bisa duduk dan berdiri dan ibu hamil mudah mengoperasikan. Peralatan ini digarap bersama dosen Teknik Mesin Dr Ubaidillah.

Menurut Dr Revi, temuannya telah diuji cobakan kepada 30 ibu yang hendak melahirkan di Rumah Sakit UNS . Mereka merespons positif. Sentuhan effleurage massage robot mempengaruhi berbagai zat sehingga mengurangi nyeri pada proses persalinan.

Kini ia masih terus mengembangkan menuju otomatisasi agar ibu hamil bisa semakin nyaman. Riset yang mendapat pendanaan dari Badan Riset Inovasi Nasional (BRIN) telah berhasil meraih penghargaan berupa Double Gold dan Diamond Gold pada kompetisi The British Invention Show (BIS)-London. (Qom)

BERITA REKOMENDASI