Kursi Rotan Pernikahan Kahiyang – Bobby Dipesan dari Trangsan

Editor: KRjogja/Gus

SUKOHARJO (KRjogja.com) – Kursi untuk prosesi ijab kabul dan tamu VIP dalam pesta pernikahan putri Presiden Republik Indonesia Joko Widodo, Kahiyang Ayu dengan Bobby Nasution dipesan dari perajin rotan asal Desa Trangsan, Kecamatan Gatak, Sukoharjo. Proses pembuatannya sendiri mendapat pengawasan langsung dari anak tertua Presiden Joko Widodo, Gibran Rakabuming Raka dengan mendatangi langsung ke tempat produksi.

Perajin rotan asal Dukuh Tembungan RT 1 RW 5, Desa Trangsan, Kecamatan Gatak, Sukoharjo Sardjito saat ditemui di rumah sekaligus tempat usahanya, Selasa (31/10) mengatakan, ada dua jenis kursi yang dipesan oleh Presiden Joko Widodo. Pertama yakni sebanyak 12 kursi untuk acara ijab kabul dengan warna emas dan kedua kursi untuk tamu VIP dengan warna medium cokelat.

Khusus untuk kursi tamu VIP Presiden Joko Widodo memesan sebanyak 120 buah. Namun perajin hanya mampu menyelesaikan sebanyak 102 buah saja. Hal itu terkendala waktu karena pesanan datang mendadak.
“Kira kira satu bulan lalu keluarga Presiden Joko Widodo melalui anaknya mas Gibran datang kesini pesan kursi untuk acara pernikahan Kahiyang – Bobby. Setelah itu langsung saya kerjakan,” ujar Sardjito.

Proses pengerjaan kursi diawasi langsung oleh Gibran dengan mendatangi lokasi produksi di Desa Trangsan, Kecamatan Gatak, Senin (30/10). Gibran datang untuk memastikan kursi yang dipesan sudah siap.
“12 kursi untuk acara ijab kabul warna emas sudah jadi dan sudah diambil mas Gibran. Barang sudah dikirim ke Solo,” lanjutnya.

Sedangkan sebanyak 102 kursi tersisa sebagian besar sudah terselesaian. Tinggal beberapa unit saja yang masih dalam penyelesaian akhir.

“Awal November semua harus jadi. Sebab pernikahan Kahiyang – Bobby akan digelar 8 November,” lanjutnya.

Desain kursi untuk pernikahan Kahiyang – Bobby dibuat oleh pihak keluarga Presiden Joko Widodo menggunakan model klasik gaya eropa. “Untuk rangka kursi sudah dibuat dari perusahaan bapak Presiden Joko Widodo. Sedangkan saya hanya bertugas menganyam rotan dan pengecatan memberi warna sesuai pesanan,” lanjutnya.

Sardjito mengaku bangga mendapat pesanan kursi untuk pesta pernikahan Kahiyang – Bobby. “Tentu menjadi kebanggan sendiri dapat kepercayaan dan pesanan dari Presiden Joko Widodo. Apalagi pesan hanya ditempat saya,” lanjutnya.

Presiden Joko Widodo sudah tidak asing untuk para perajin rotan di Desa Trangsan, Kecamatan Gatak. Sebab Presiden Joko Widodo juga memiliki dua perusahaan yang sekarang pengelolaanya diserahkan ke pihak keluarga.
Perajin rotan asal Desa Trangsan, Kecamatan Gatak Suryanto mengatakan, bangga atas kepercayaan Presiden Joko Widodo menggunakan produk asli daerah untuk acara pesta pernikahan. “Meski pesan kursi hanya di satu perajin di pak Sardjito namun menjadi kebanggan kami para perajin di Trangsan, Gatak karena Presiden Joko Widodo pesan kursi sampai disini,” ujarnya. (Mam)

BERITA REKOMENDASI