Kursi Sekda Kosong, 17 Pejabat Bersaing

SOLO (KRjogja.com) –  Sekitar tujuh belas pejabat di lingkungan Pemerintah Kota (Pemkot) Solo yang saat ini menduduki pos masing-masing, akan bersaing memperebutkan kursi Sekretaris daerah (Sekda) Solo yang kosong sejak beberapa bulan lalu, sepeninggal Budi Suharto.

Ketua Panitia Seleksi (Pansel) Sekda Solo, Anwar Hamdani, Rabu (13/07/2016) menjelaskan berdasar data kepegawaian di lingkungan Pemkot Solo tercatat 17 pejabat eselon II yang dinilai memenuhi syarat untuk mengikuti seleksi Sekda. Hanya saja seluruh pejabat tersebut akan mendaftarkan diri sebagai peserta atau tidak belum diketahui secara pasti.

Setelah masa pendafataran selama 15 hari kerja berakhir, tambahnya, baru diketahui secara pasti jumlah peserta seleksi, termasuk kemungkinan calon peserta yang berasal dari luar lingkungan Pemkot Solo. Sesuai aturan main, peserta seleksi Sekda atidak hanya sebatas pada pejabat di lingkungan Pemkot Solo, tetapi juga terbuka ruang bagi pejabat dari luar, sepanjang memenuhi persyaratan yang ditetapkan.

"Peserta seleksi biasanya hanya berasal dari lingkungan internal yang memang telah memahami seluk beluk birokrasi di daerah bersangkutan. Proses seleksi Sekda Solo berlangsung secara fair karena anggota pansel berasal dari kalangan independen. Bahkan, walikota menyerahkan sepenuhnya proses seleksi kepada pansel." (Hut)

BERITA REKOMENDASI