Langgar Prokes, Satpol PP Sukoharjo Bubarkan Kerumunan Anak Muda

Editor: Agus Sigit

SUKOHARJO, KRjogja.com – Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Sukoharjo terpaksa membubarkan kerumunan massa anak muda disejumlah titik jalan dan tempat dibeberapa lokasi karena melanggar protokol kesehatan (Prokes). Petugas juga mendapat laporan masyarakat terkait pendatang yang abai dengan berkeliaran diluar rumah tanpa melakukan isolasi mandiri.

Kepala Satpol PP Sukoharjo Heru Indarjo, Senin (27/12) mengatakan, Satpol PP Sukoharjo menerjunkan tim patroli wilayah menghadapi Natal dan tahun baru. Petugas berkeliling dibeberapa lokasi baik di jalan maupun tempat berpotensi terjadi kerumunan massa seperti rumah makan, mall dan lainnya.

Satpol PP Sukoharjo saat patroli wilayah menemukan pelanggaran Prokes dimana banyak anak muda berkerumun tanpa menggunakan masker. Temuan didapati petugas dibeberapa titik jalan dan tempat. Petugas terpaksa membubarkan dan meminta anak mudah segera pulang ke rumah.

“Anggota saat patroli menemukan anak muda berkerumun di pinggir jalan dan tempat seperti di warung makan. Kebanyakan justru di perbatasan dan desa. Ditengah kota tidak ada karena pengawasan ketat,” ujarnya.

Satpol PP Sukoharjo melakukan patroli wilayah tidak terbatas ditengah kota. Heru menegaskan, anggotanya disebar hingga di jalur perbatasan dan desa karena banyak laporan masyarakat menemukan kerumunan anak muda.

“Kerumunan anak mudah tidak sekedar melanggar Prokes. Tapi dikhawatirkan rawan minum minuman keras dan balap motor liar. Mengingat lokasi berkerumun di jalan desa tengah sawah sehingga sulit terpantau petugas patroli di kota,” lanjutnya.

Satpol PP Sukoharjo meminta pada pemerintah desa dan masyarakat untuk membantu pengawasan wilayah. Apabila ada temuan pelanggaran maka dipersilahkan melapor dan akan ditindaklanjuti petugas.

“Kami juga berkoordinasi dengan aparat keamanan baik Polres dan Kodim 0726 Sukoharjo melakukan patroli bersama,” lanjutnya.

BERITA REKOMENDASI