Latihan Paskibraka Tak Sekadar Baris Berbaris

KARANGANYAR,KRJOGJA.com -Sebanyak 77 pelajar SMA-SMK mengikuti latihan paskibraka oleh pembina dari Kodim 0727 Karanganyar, Purna Paskibraka Indonesia (PPI) dan Perwakilan organisasi perangkat daerah (OPD).

Dalam pelatihan itu, mereka tak sekadar menerima ilmu baris berbaris, namun juga pembinaan mental, wawasan kebangsaan, dan perbaikan perilaku.

"Mereka akan berlatih mulai 25 Juli-16 Agustus. Memang dipersiapkan untuk pengibaran bendera merah putih saat upacara peringatan kemerdekaan RI ke-74. Lebih dari itu, mereka digembleng secara menyeluruh. Dipersiapkan menjadi calon pemimpin," kata Plh Kepala Dinas Parawisata Pemuda dan Olahraga (Disparpor) Agus Cipto Waluyo, Jumat (26/7). 

Pemerintah kabupaten mengapresiasi para pelajar yang  lolos seleksi. Ia meminta pada pelaksanaan pengibaran bendera merah putih pada 17 Agustus mendatang, supaya tidak ada kesalahan. Pelatihannya dipusatkan di halaman asrama SLBN Karanganyar dan alun-alun kota.

"Maka dari itu harus selalu fokus. Merah putih adalah kebanggaan bangsa dan sebagai alat pemersatu. Mulai sekarang kalian menjadi generasi milenial dan figur teladan. Kami berharap kalian menjadi orang-orang sukses di masa depan," lanjutnya. 

Bupati Karanganyar, Juliyatmono berharap materi latihan paskibra diikuti secara sungguh-sungguh. 

"Karena mengibarkan merah putih itu sakral. Kalian juga dipilih nelalui proses panjang. Tumbuhkanlah rasa syukur, partiotisme dan nasionalisme di dalam jiwa raga kita," pintanya pe peserta paskibra.

Dalam pelaksanaan seleksi, terpilih satu orang siswa atas nama Reyhandika dari SMAN 1 Karanganyar sebagai calon paskibraka Provinsi Jawa Tengah. (Lim)

 

BERITA REKOMENDASI