Latihan Wirausaha Berlanjut di Tatanan Normal Baru

Editor: KRjogja/Gus

KARANGANYAR, KRJOGJA.com – Setelah vakum akibat Pandemi Covid-19, pelatihan wirausaha di bengkel kerja Gardal Karanganyar berlanjut dengan tatanan baru. Yakni penerapan protokol kesehatan selama sesi pelatihan.

Pantauan di tempat pelatihan kerjanya, tak sampai 10 peserta latihan jahit tengah sibuk memgukur bahan dan menata pola rok wanita. Mereka mengikuti pelatihan dasar menjahit di sesi pertama pada Rabu (17/6).

Mentor latihan jahit, Lina Ariyanti mengatakan jumlah peserta di kelasnya sebanyak 36 orang tiap sesi. Usai latihan dibuka beberapa bulan lalu, sesi lanjutan terpaksa ditunda akibat pandemi Covid-19. Latihan kembali dilanjutkan di masa normal baru. Protokol kesehatan diterapkan bagi peserta mulai screening suhu tubuh di meja pendaftaran, penyemprotan disinfektan pada tangan dan pembatasan jarak.

“Satu sesi dibagi dua kelas. Yakni kelas A dan B. Masing-masing berdurasi 1,5 jam. Inu supaya memecah kerumunan jika dijadikan satu kelas,” kata Lina.

Bagi pemula, dibutuhkan empat sesi untuk menguasai dasar kemampuan menjahit. Para peserta pelatihan dipersilakan membawa sendiri bahan kain atau memakai yang disediakan Gardal.

Ia mengatakan, jumlah peserta di hari kedua pelatihan berlanjut ini terhitung tidak penuh. Hal itu dikarenakan pengumuman dibukanya kembali pelatihan mendadak dan masih adanya kekhawatiran peserta di tengah Pandemi Covid-19.

“Masih ada yang takut-takut masuk lagi,” katanya.

BERITA REKOMENDASI