Lebih Murah, Tiket Kereta Bandara Adi Sumarmo Dapat Subsidi

SOLO, KRJOGJA.com – Kementerian Perhubungan memberikan subsidi Public Service Obligation (PSO) KA Lokal untuk Harga Tiket Kereta Api (KA) Bandara Internasional Adi Sumarmo (BIAS), Solo. Pemberian subsidi tersebut mulai berlaku pada hari Minggu ini.

Perhubungan Budi Karya Sumadi mengatakan, sebelumnya pemerintah telah menggratiskan operasional Kereta Bandara Adi Sumarmo sejak dua bulan lalu yang berakhir pada 29 Februari 2020. Oleh karena itu, pemerintah saat ini menerapkan tarif pada Kereta Bandara Adi Sumarmo tetapi dengan subsidi.

“Dengan subsidi ini diharapkan masyarakat agar semakin berminat menggunakan KA BIAS. Selain itu juga diharapkan dapat mengurangi beban jalan dan penggunaan kendaraan pribadi, sehingga mengurangi kepadatan jalan di kota Solo,” jelas Budi Karya dalam keterangan tertulis, Minggu (1/3/2020).

Dengan adanya subsidi dari pemerintah, harga tiket Kereta Bandara Adi Sumarmo yang ditetapkan yaitu:

Untuk rute St. Klaten-Solo Balapan-Kadipiro harga tiketnya Rp 8.000

Untuk rute St. Klaten-Solo Balapan-Bandara Internasional Adi Soemarmo sebesar Rp 10.000.

Tarif ini diberlakukan selama bulan Maret untuk promosi.

Aementara mulai April tarif tiket yang sebesar Rp 10.000 menjadi Rp 15.000.

Dengan dua jenis layanan ini akan terdapat dua peningakatan, pertama ada penambahan kapasitas Ka Prameks antara Klaten – Solo dan pelayanan akses bandara dari sekitar Solo dan Klaten.(*)

BERITA REKOMENDASI