Libur Lebaran, Obyek Wisata Anyar Banjir Pengunjung

KARANGANYAR, KRJOGJA.com – Sejumlah obyek wisata anyar berlatar panorama alam di Karanganyar kebanjiran pengunjung selama libur lebaran. Oleh pengelolanya, hal urgen telah diantisipasi guna memberikan pelayanan terbaik.

“Persiapan dan promosi sudah sejak awal ramadan kemarin. Pemasangan arah penunjuk destinasi wisata menuju Wonorejo dari Jatiyoso (Karanganyar) maupun dari Girimarto (Wonogiri). Dua destinasi andalan yakni di Bukit Hope dan Wonomakmur. Hasilnya menggembirakan. Pengunjung lokal maupun luar daerah berdatangan,” kata Kades Wonorejo, Jatiyoso, Sudrajat kepada wartawan, Rabu (28/6/2017).

Di dua destinasi andalannya, pengelola selain menyajikan panorama alam juga menjamu pengunjung dengan hiburan musik campursari. Sudrajat mengatakan, terdapat obyek tambahan seperti air mancur dan penataan taman di Wonomakmur. Selama masa persiapan, pengelola juga membangun toilet permanen di area obyek.

Tercatat jumlah kunjungan mencapai 1.000 orang perhari sejak Senin (27/6/2017). Menariknya, pengelola menerapkan tarif masuk terjangkau, yaitu parkir sepeda motor Rp 2 ribu dan masuk ke wahana Rp 5 ribu per orang. Tarif tersebut sama seperti hari biasa. Meski jam buka dibatasi 07.00 WIB-18.00 WIB, namun pengunjung dipersilakan mendirikan tenda untuk berkemah.

“Sengaja tidak menaikkan tarif retribusi. Ramai pengunjung sudah sangat bagus. Silakan bagi yang berkemah juga dilayani,” katanya.

Persiapan kembali dimantapkan pengelola obyek pada sepekan jelang lebaran dengan merapat ke satgas pengamanan. Patroli oleh Satlinmas, Babinkamtibmas serta koramil diagendakan rutin ke area obyek dan jalur rawan lakalantas hingga berakhir musim liburan.

Sedangkan di Jenawi, pengelola destinasi anyar juga kebagian rezeki. Ketua Karang Taruna Kecamatan Jenawi, Winda Listiana menyebut pengelola tak hanya mengandalkan pendapatan dari tiket masuk saja namun lebih pada efek positif ke perekonomian lokal. Di sejumlah obyek, pengelola juga tidak menaikkan tarif.

“Bahkan ada satu obyek masih gratis masuk. Yakni di gardu pandang Batur Indah. Di sana, warganya menawarkan kuliner seperti keripik singkong dari Tawangmangu dan jasa. Juga tempat parkir,” katanya.

Rata-rata jumlah pengunjung 500 orang per hari atau dua kali lipat dibanding akhir pekan. Beberapa destinasi favorit lainnya juga tak kalah ramai seperti Tuk Mangklung Indah (TMI), air terjun Semawar Sedinding, Kedung Aron dan Candi Cetho.

“Biasanya setelah di Candi Cetho, pengunjung menjajal wisata baru lainnya di Jenawi,” katanya. (R-10)

BERITA REKOMENDASI