Libur Natal, Volume Kendaraan Pemudik Meningkat 10 Persen

Editor: KRjogja/Gus

SUKOHARJO (KRjogja.com) – Arus lalulintas kendaraan disejumlah titik jalan di Sukoharjo mengalami peningkatan 5 – 10 persen. Banyak kendaraan dari pemudik masuk ke Sukoharjo pada libur panjang Natal. Meski demikian kondisi tersebut tidak sampai menyebabkan kemacetan panjang.

Kasatlantas Polres Sukoharjo AKP Finan Sukma Radipta, Senin (25/12) mengatakan, peningkatan volume kendaraan sudah terjadi sejak Jumat (22/12) dan puncaknya pada Sabtu (23/12). Kepadatan arus lalu lintas kendaraan terpantau padat di wilayah perbatasan sebagai pintu masuk dan keluar Sukoharjo. Lokasi tersebut seperti di Jalan A Yani dan Jalan Adi Soemarmo semuanya di wilayah Kecamatan Kartasura yang menghubungkan dengan Yogyakarta, Jakarta, Semarang, Klaten, dan Boyolali.

Lokasi lainnya yakni di Jalan Raya Bekonang Mojolaban yang menjadi jalur penghubung ke Surabaya dan Karanganyar. Jalan Raya Nguter mengubungkan ke Wonogiri dan Pacitan. Meski padat namun seluruh kendaraan yang melintas tidak sampai terjebak kemacetan. Polres Sukoharjo sudah menerjunkan petugas untuk membantu pengaturan lalu lintas.

“Kami memprediksi masih ada peningkatan volume kendaraan pemudik saat libur Natal pada Selasa (26/12) pagi. Terus kami pantau dan dilakukan pengaturan jalan agar tidak ada kemacetan,” ujar AKP Finan.

Padatnya kendaraan pada libur Natal disebabkan karena banyaknya waktu bagi masyarakat merayakan bersama keluarga. Sebab pada kesempatan ini juga bersamaan dengan libur siswa sekolah. Pemudik dari sejumlah daerah masuk ke Sukoharjo untuk berliburan atau sekedar melintas tetap dilayani oleh petugas.

“Kemungkinan untuk libur Natal kepadatan kendaraan terjadi hingga Rabu (27/12) karena masih ada cuti bersama pada Selasa (26/12),” lanjutnya.

Pada libur Natal kali ini kendaraan yang keluar masuk di Sukoharjo tidak hanya mobil pribadi namun juga bus pariwisata. Sebab banyak rombongan wisatawan dari luar daerah yang ingin berliburan di wilayah Solo Raya termasuk di Sukoharjo.

Untuk mengurangi kepadatan Satlantas Polres Sukoharjo memberikan himbauan agar kendaraan tidak diparkir menggunakan badan jalan namun ditempatkan di tempat parkir sendiri. Hal itu dilakukan agar kendaraan yang akan melintas tidak terganggu. Lokasi yang diberikan himbauan tersebut seperti di pusat perbelanjaan, usaha, dan wisata.

“Kalaupun nanti kendaraan yang parkir melebihi kapasitas tempat parkir maka akan dilakukan pengaturan khusus dibantu oleh petugas agar jalan tidak macet,” lanjutnya. (Mam)

 

BERITA REKOMENDASI