Limbah Medis Berbahaya Dibuang Sembarangan di Karanganyar, Pelaku Ditelusuri

Editor: KRjogja/Gus

KARANGANYAR, KRJOGJA.com – Limbah medis yang seharusnya dimusnahkan, ternyata dibuang sembarangan di tepi jalan. Fakta ini menguatkan dugaan kurang bagusnya penanganan limbah bahan beracun dan berbahaya (B3) Sampah medis berupa spet jarum suntik dan ampul injeksi bekas ditemukan berserakan di tepi jalan Rt 03/Rw III Desa Suruhkalang, Kecamatan Jaten.

Limbah B3 yang tertimbun di hamparan sampah tersebut tanpa sengaja ditemukan Kades Suruhkalang, Mawan Thohari saat menginspeksi titik pembuangan sampah sembarangan di desanya. Di ampul injeksi tertulis recodryl dan sidiadryl yang merupakan jenis obat alergi.

“Plastiknya terbuka dan keluarlah suntikan-suntikan bekas itu. Ada juga botol kecil obat. Banyak jumlahnya,” katanya kepada wartawan, Jumat (1/1).
Berbekal alat pelindung diri (APD), tim DKK bersama perangkat desa mengamankan limbah tersebut. Hamparan sampah itu disisir sampai benar-benar terkumpul. Kemudian diangkut dalam kardus.

“Sebelumnya sudah saya bakar. Tapi tidak bisa musnah,” katanya.

Kasi Kesehatan Lingkungan Kesehatan Kerja dan Olahraga DKK Joko Purnomo mengatakan siap melacak pelaku. Seluruh mitra kerja Puskesmas Jaten I seperti dokter praktik mandiri, bidan mandiri, klinik swasta dan pemerintah wajib bermitra dengan pihak ketiga terkait pemusnahan B3. Mitra tersebut memusnahkan limbah itu dengan cara dibakar di atas suhu 8.000 derajat celcius.

BERITA REKOMENDASI