Linmas Siap Amankan Pilgub dan Pilkada Serentak 2018

Editor: KRjogja/Gus

SUKOHARJO (KRjogja.com) – Ribuan Linmas di Karesidenan Surakarta melakukan apel siaga mengawal Pilgub Jawa Tengah dan Pilkada Serentak Tahun 2018 di Alun Alun Satya Negara Sukoharjo, Jumat (23/3). Usai apel Linmas diminta langsung bersiap melaksanakan tugas khususnya di wilayahnya masing masing.

Plh Kepala Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Provinsi Jawa Tengah Ninik Mardiastuti ditemui usai mengikuti apel Satlinmas se Karesidenan Surakarta di Alun Alun Satya Negara Sukoharjo mengatakan, pembekalan dan pelatihan terhadap Linmas disemua daerah di Jawa Tengah telah dilaksanakan. Termasuk juga apel bersama untuk melihat secara langsung kesiapsiagaan Linmas dalam membantu menjaga keamanan saat pelaksanaan Pilgub Jawa Tengah dan Pilkada Serentak 2018.

Di Jawa Tengah ada sekitar 335 ribu orang Linmas tersebar di 35 kabupaten kota. Jumlah tersebut masih dianggap belum ideal dan perlu dilakukan penambahan. Sebab butuh banyak Linmas dalam membantu pengamanan di masyarakat tidak sekedar untuk kegiatan pemilu saja namun juga acara lainnya.

Pemerintah Provinsi Jawa Tengah mendorong adanya penambahan anggota Linmas baru disemua daerah. Namun realisasi usulan tersebut hanya bisa dilakukan oleh masing masing pemerintah daerah. Sebab kewenangan perekrutan menjadi hak Pemda dan Pemkot sedangkan Pemprov sifatnya hanya mendorong saja.

"Apel siaga di Sukoharjo ini untuk melihat kesiapsiagaan Linmas khususnya di Karesidenan Surakarta. Tidak sekedar untuk kegiatan Pilgub Jawa Tengah saja, tapi juga Pilkada Serentak 2018. Sebab pada tahun ini ada beberapa kabupaten kota di Jawa Tengah yang menyelenggarakan Pilkada serentak pemilihan bupati dan walikota," ujar Ninik Mardiastuti.

Apel siaga Linmas sudah dua kali diselenggarakan Pemerintah Provinsi Jawa Tengah. Pertama pada Februari lalu di Karesidenan Kedu sekitarnya diselenggarakan di Pekalongan. Kedua di Sukoharjo untuk penyelenggaraan Karesidenan Surakarta dan selanjutnya di Karesidenan Banyumas.

"Linmas punya banyak peran dalam membantu aparat saat penyelenggaraan pemilu. Mereka bisa menjangkau ke lingkungan paling bawah yakni RT/RW," lanjutnya.

Ninik berpesan pada para Linmas di Jawa Tengah yang akan bertugas dalam pengamanan pemilu untuk melaksanakan kewajibannya dengan baik. Terus lakukan koordinasi dan komunikasi dengan semua pihak agar penyelengaraan Pilgub Jawa Tengah dan Pilkada serentak 2018 bisa berjalan sukses.

"Misal nanti saat bertugas Linmas menemukan kejadian pelanggaran berkaitan dengan pemilu dan hukum maka jangan asal menindak. Komunikasikan dan koordinasikan dengan pihak atau instansi berwenang agar segera ditangani dan diselesaikan masalahnya," lanjutnya.

Wakil Bupati Sukoharjo Purwadi mengatakan, penting bagi pemerintah dalam melibatkan Linmas dalam membantu pengamanan Pilgub Jawa Tengah dan Pilkada serentak 2018. Sebab Linmas memiliki peran besar dalam menjaga keamanan wilayah.

"Jaga terus komunimasi dengan semua pihak. Termasuk Linmas dengan tokoh masyarakat dan agama untuk mencegah munculnya masalah. Kalaupun masalah sudah muncul sekecil apapun harus cepat ditangani," ujarnya.

Linmas juga harus membuat laporan berkala untuk menginformasikan kondisi lingkungan di wilayah tugasnya masing masing. Hal itu penting sebagai bagian dari pengawasan wilayah rawan. (Mam)

 

BERITA REKOMENDASI