LTMPT Ujicoba UTBK di 73 Lokasi

SOLO, KRJOGJA.com – Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT) telah melakukan ujicoba di 73 lokasi Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK). Ujicoba pada 9 Maret difokuskan pada sistwm. 

"Secara keseluruhan sudah siap," jelas Prof Dr Ravik Karsidi MS, ketua LTMPT usai dies natalis 43 Universitas Sebelas Maret (UNS) Solo, Senin (11/3).

LTMPT, lanjutnya, juga menyiapkan perangkat bagi peserta penyandang tuna netra. Berkat apkikasi screen readers, peserta tuna netra bisa mengerjakan secara mandiri. Mereka tidak butuh lagi pendamping khusus. Karena melalui screen readers, peserta tuna netra mengetahui soal dari mendengarkan.

"Berikutnya dia langsung menjawab di komputer. Hal itu sudah biasa dilakukan di SLB. Di UNS juga sudah menerapkan screen readers," kata Prof Ravik. Tipe soal yang diberikan peserta tuna netra diupayakan tidak banyak menampilkan gambar. "Kami sudah menyiapkan dan tidak ada kesulitan. Karena seluruh Indonesia tidak lebih dari 200 orang."

Jadi peserta tunanetra hampir sama dengan peserta umum. Mereka dari segi waktu juga tidak ada penambahan. Mereka cukup diawasi tanpa petugas pendamping.

Ia menjelaskan progres pendaftaran UTBK hingga Senin (11/3) pukul 13.00 wib tercatat 493.682 peserta yang telah berhasil login dan sudah mengisi biodata secara permanen. Dari jumlah itu 16.609 pendaftar yang sudah permanen pilihan sesi waktu dan juga kelompok ujian, tetapi blm membayar.(Qom)
  

BERITA REKOMENDASI