Luasan Sawah Kekeringan Semakin Bertambah

Editor: KRjogja/Gus

SUKOHARJO (KRjogja.com) – Kemarau panjang menyebabkan luasan lahan pertanian terdampak kekeringan semakin bertambah. Sebelumnya hanya terjadi di wilayah selatan meliputi Kecamatan Tawangsari, Weru dan Bulu, namun sekarang sampai ke wilayah utara seperti di Kecamatan Baki, Gatak dan Kartasura. Tidak semua lahan dibiarkan bera karena beberapa petani nekat tanam padi dengan mengandalkan sumber air dari sumur pantek.

Petani asal Desa Kadilangu, Kecamatan Baki Suparno, Senin (18/9) mengatakan, lahan pertanian miliknya merupakan sawah tadah hujan. Air sepenuhnya mengandalkan dari hujan baru bisa ditanami padi. Sedangkan saat kemarau sangat sulit mendapatkan air karena tidak ada saluran irigasi.

Setiap kemarau datang, Suparno mengaku sengaja membiarkan sawahnya bera tidak ditanami. Sebab untuk menanam butuh biaya besar seperti untuk membeli bibit, pupuk, perawatan sampai kebutuhan sewa mesin pompa dan bahan bakar untuk mengiri sawah dari sumur pantek. “Sudah dua tahun ini saya biarkan sawah saya bera tidak ditanami. Sebelumnya pernah tanam padi tapi hasilnya justru rugi karena biaya besar tidak sebanding dengan hasil panen,” ujar Suparno.

Suparno mengatakan, sawah bera tidak hanya terjadi di Desa Kadilangu saja, melainkan juga disejumlah desa lainnya di wilayah Kecamatan Baki. Seperti desa terdekat yakni di Desa Baki Pandeyan, Siwal dan Duwet. Bahkan di Desa Manang, Kecamatan Grogol juga banyak sawah dibiarkan bera. “Kemarau tahun ini lebih panjang dibanding tahun lalu. Sebab September sekarang belum hujan padahal September tahun lalu sudah hujan dan olah tanah,” lanjutnya.

Petani asal Desa Purbayan, Kecamatan Baki Lanjar Prakoso mengatakan, sawah miliknya memang tadah hujan dan sekarang kering. Namun Lanjar mengaku tetap nekat menanam padi dengan mengandalkan air dengan mengambil dari sumur pantek.
“Biaya tanam sekarang jauh lebih besar dibanding saat hujan. Sebab ada biaya ekstra bisa lebih dari Rp 1 juta untuk sewa mesin pompa air dan bahan bakar untuk menyedot air dari sumur pantek,” ujar Lanjar. (Mam)

BERITA REKOMENDASI