Lubangi Dinding, Pencuri Bobol Toko Emas

Editor: Agus Sigit

KARANGANYAR, KRjogja.com – Toko emas Surya di deretan ruko Pasar Karangpandan dibobol maling, Jumat dini hari (10/12). Uang tunai uang tunai Rp 23 juta dan perangkat CCTV toko dibawa kabur pelaku.
Pencurian di toko milik Suryadi (55) warga Dusun Pandan Kidul Rt 01/Rw XIII Desa/Kecamatan Karangpandan ini diketahui saat membuka toko pada Jumat pagi (10/12). Kerabat korban, Theresia Oktavia Eka Surya (25) mendapati meja kasir posisi miring. Setelah dicek di dalamnya, ternyata uang tunai di dalam toples dan laci sudah raib. Totalnya Rp23 juta.
Ia kemudian menghubungi saudaranya, Eric Setiawan (23) untuk menemaninya memeriksa toko. Saat hendak mengecek rekaman CCTV, ternyata perangkatnya raib. Terdapat bekas perangkat kamera dan DVR dilepas paksa. Diduga, pelaku menghapus jejaknya dengan cara merampas rekaman video dari perangkat itu.
Pemilik juga mendapati dinding tokonya dilubangi. Terdapat lubang berdiameter 50 sentimeter di dinding sisi barat. Dinding itu berbatasan langsung dengan ruko lainnya namun dipisah gang kecil berjarak sekitar setengah meter. Jarak antara jalan raya dengan dinding yang dilubangi sekitar dua meter. Dinding yang dilubangi sudah lapuk. Lokasinya sempit dan tidak terlihat dari jalan raya. Mereka memeriksa brankas berisi perhiasan masih utuh, meski terdapat bekas pelaku berusaha membukanya paksa.

BERITA REKOMENDASI