Lukisan Gulali Rasa Jahe Pecahkan Rekor Muri

KARANGANYAR, KRJOGJA.com -Replika logo De Tjolomadoe berbahan gula dan jahe atau gulali berukuran 3,6X3,6 meter mencatatkan rekor di Museum Rekor Dunia-Indonesia (MURI). Pemecahan rekor tersebut dalam rangka memeriahkan HUT ke-158 museum bekas pabrik gula Colomadu tersebut. 

Direktur Utama PT Sinergi Colomadu (De Tjolomadoe), Rachmat Priyatna mengungkapkan, pemecahan rekor Muri kali ini sebagai pengingat kembali kejayaan pabrik gula Colomadu pada masanya. Lewat event Legi Histories 1861 yang digelar Jumat-Minggu (6-8/12), De Tjolomadoe ingin kembali mengangkat kejayaan pabrik gula Colomadu yang pernah menjadi pabrik gula terbesar di Asia Tenggara.
Sementara itu, dalam membuat replika logo, kreatornya membutuhkan berbagai bahan dengan berat hampir 100 kilogram.

Dibutuhkan waktu pengerjaan lukisan selama dua jam oleh siswa SMK Marsudirini Solo dan sejumlah chef hotel yang tergabung dalam ICA BPC Solo.

“Membutuhkan teknik khusus untuk merubah gula menjadi gulali. Terlebih beberapa bahan campuran diantaranya jahe dan beberapa komponen lain yang mencapai 100 kilogram,” tukas Chef Bayu, salah satu anggota ICA BPC Soloraya.

Senior Manajer MURI Sri Widayati mengatakan rekor kali ini merupakan yang ke 9372 itu termasuk kategori rekor unik lantaran belum pernah ada lukisan dari gulali. “ Aksi yang dilakukan De Tjolomadoe terbilang unik, lukisan dengan bahan galali, sehingga kami jadikan rekor duia MURI yang ke 9372 “ ungkapnya.

Pemecahan rekor MURI juga dimeriahkan dengan jalan sehat berhadiah, dan lomba menggambar payung. Selain itu juga penampilan live band serta diikuti lebih dari 30 stand bazar kuliner. (Lim)
 

BERITA REKOMENDASI