Lukisan Jokowi Sungkem Ibunda Ditawarkan Rp 40 Juta

Editor: Ivan Aditya

KARANGANYAR, KRJOGJA.com – Sebanyak 30 lukisan cat minyak berobyek Jokowi dipamerkan di Galeri Royal Besaran Kompleks De Tjolomadoe, Karanganyar. Hasil karya 28 pelukis ini selain dikagumi pengunjung, juga boleh diganti mahar.

Narahubung Komunitas Realis Soloraya di pemeran bertajuk ‘Ojo Nganti Lali’, T Sunu Prasetya mengatakan pameran ini adalah wujud dari ekpresi jujur para seniman lukis yang polos apa adanya dalam menyuarakan isi hati. “Lukisan-lukisan yang dipamerkan adalah sikap politik, individu, awam, sederhana tetapi itulah ‘cara ndesa’ yg mampu dilakukan oleh para perupa,” tuturnya di ruang pameran, Sabtu (05/12/2020).

Dipasang 30 buah lukisan Jokowi berbagai ekspresi. Mulai dari berwajah serius, berpakaian formal sampai saat berinteraksi dengan orang lain.

Bagi para seniman ini, menggambar Jokowi memberi pijakannya keluar dari himpitan di masa Pandemi Covid-19. Ruang pameran Royal Besaran juga baru buka saat pameran ini setelah delapan bulan tutup akibat pandemi.

Menurut T Sunu Prasetya, banyak permasalahan fundamendal yang dihadapi para seniman dalam berkarya. Sayang jika kemampuan ini terabaikan hanya gegara pandemi Covid-19. Pendidikan seni lukis yang berbasis ketrampilan atau skilljuga perlu mendapat perhatian.

“Makanya, dalam pameran ini kita ingin menyampaikan pesan, ojo nganti lali, janganlah eksistensi dan peran para seniman itu dilupakan,” katanya.

T Sunu memajang satu lukisan Jokowi di kanvas ukuran 80X140 CM. Jokowi berbalut kostum pejuang kemerdekaan menaiki sepeda onth. Sunu mengatakan Jokowi ibarat seorang seniman.

“Hanya seorang seniman yang mampu memimpin Indonesia. Ia mampu mengombinasi beragam perbedaan menjadi satu kesatuan yang utuh. Ibarat seniman lukis memadukan warna dan mengharmonisasi,” katanya.

Harga yang ditawarkan berlainan untuk tiap lukisan. Mulai Rp8 juta sampai Rp80 juta. Lukisan hasil karya Tarno Krebo dilabeli harga tertinggi.

Juga ada karya Harry Soedharwo yang menggambarkan Jokowi sungkem ibundanya, Sujiatmi. Lukisannya ini ditawarkan Rp40 juta.

“Kekuatan seorang Jokowi itu ibunya. Berapa kali dijegal, dicaci maki, difitnah, dia tetap tegar dan akhirnya berhasil. Itu semua berkat doa ibu,” katanya. (Lim)

BERITA REKOMENDASI