Lukisan Sultan Agung Berukuran Raksasa Karya Sudjojono Dipamerkan di Museum Tumurun Solo

Editor: Agus Sigit

SOLO, KRJOGJA.com – Lukisan Raja Mataram Sultan Agung Hanyokrokusumo berukuran 3 x 10 meter karya Sudjojono dipamerkan di museum Tumurun Private Museum lokasinya di Jalan Kebangkitan Nasional No.2/4, Sriwedari, Kecamatan Laweyan, Kota Surakarta, Sabtu (28/8/2021).Pameran lukisan yang bertajuk Mukti Negeriku itu bisa dikunjungi secara virtual di sudjoyono centre @sscenter atau alamat instagram @tumurunmuseum.

Owner Tumurun Privat Museum Iwan Loekminto didampingi putri pelukis Sudjojono kepada wartawan di museum Tumurun, Sabtu ( 28/8/2021) mengatakan dipilihnya tokoh Sultan Agung, pendiri kerajaan Mataram yang berani memerangi penjajah Belanda di Batavia memiliki bobot tersendiri.

Putri Sudjojono , Maya Sudjojono mengatakan ayahnya merupakan pengagum Sultan Agung pahlawan bangsa Indonesia yang berani memerangi Belanda di Batavia hingga dua kali ekspedisi. ” Ayah saya juga melakukan penelitian secara serius hingga mengunjungi museum di Amsterdam untuk melengkapi data diri Sultan Agung, sebelum melukis tokoh Sultan Agung berukuran besar itu,” ujar Maya Sudjono.

Banyak orang berpendapat sebuah gambar, bisa mewakili seribu kata-kata, seperti halnya lukisan hasil karya S.Sudjojono tentang kisah kesatrianya Sultan Agung. Dimana keduanya, pelukisnya Sudjojono dan obyek lukisannya Sultan Agung memiliki karakteristik yang mirip, bahkan boleh dikatakan sama, yakni visioner, berani dan cinta tanah air yang tidak terbagi.

Meskipun berbeda bidang, namun keduanya pejuang sejati. “ Sultan Agung melalui ekspansi perjuangan kebebasannya dan upaya untuk meningkatkan kesejahteraan rakyatnya” ujar Iwan Loekminto.

BERITA REKOMENDASI