Lukisan Sultan Agung Berukuran Raksasa Karya Sudjojono Dipamerkan di Museum Tumurun Solo

Editor: Agus Sigit

Untuk melakukan kerja besar, melukis tokoh Sultan Agung dalam ukuran besar, Sudjojono juga harus secara khusus membangun sebuah studio untuk menampung dan menyelesaikannya dalam waktu tujuh bulan. Dari segi keunikan tema sejarah yang realistis, tingkat tantangan teknis yang rumit dan rentang waktu untuk dalam melakukan penelitian dan penyelesaian lukisan ini, merupakan kerja profesional tersendiri bagi pelukis sekaliber Soedjojono.

Pameran beserta ragam penelitiannya, merupakan salah satu upaya S.Sudjojono Center, Rose Pandanwangi Sudjojono dan Tumurun Private Museum untuk mendukung Museum Sejarah Jakarta yang dipelopori Sri Kusumawati, S.S.,M.Si dan Esti Utami, S.S, dalam upaya khusus untuk memastikan lukisan ‘Pertempuran Antara Sultan Agung dan JP Coen’ bersama dengan sketsa ini dengan bangga terdaftar sebagai Warisan Nasional.

Sudjojono (1913-1986) sendiri tidak asing dengan sejarah seni lukis modern Indonesia. Pelukis dan pemikir ulung yang melalui pemikiran-pemikirannya yang cemerlang, membantu mengingatkan jati diri seni lukis Indonesia. Sehingga diharapkan mampu membuat para seniman, pecinta seni, mahasiswa dan masyarakat berkesempatan mengenal lebih dekat Sudjojono.(Hwa)

 

BERITA REKOMENDASI