Lulusan Sekolah Kejuruan Serbu Bursa Kerja

Editor: KRjogja/Gus

KARANGANYAR (KRjogja.com) – Lulusan sekolah kejuruan berkesempatan menjajaki peruntungannya di bursa kersa yang digelar Pemkab Karanganyar bersama mitranya di Palur Plasa, Jumat-Sabtu (2-3/3). Dalam kesempatan ini disiplin pendidikan vokasi banyak dibutuhkan perusahaan penyedia kerjanya.

Dalam bursa kerja tersebut, calon tenaga kerja leluasa mengakses informasi, melamar dan diwawancara di satu atap. Bahkan, bisa menjajaki kesempatan lebih dari satu perusahaan. Panitia bursa kerja kerjasama Kementrian Ketenagakerjaan RI dan Pemkab Karanganyar menggandeng manajemen perusahaan farmasi, perbankan, tekstil, asuransi, media massa elektronik dan jasa transportasi.

“Terdapat 47 perusahaan membuka lowongan di stan bursa kerja. Di hari pertama pembukaan, antusiasnya luar biasa. Karanganyar meluluskan ratusan siswa sekolah kejuruan tiap tahun. Tentu bidang ilmu terapannya dibutuhkan perusahaan itu, terutama garmen dan administrasi,” kata Kepala Dinas Perindustrian Perdagangan Koperasi dan UMKM, Waluyo Dwi Basuki kepada KR, Jumat (2/3).

Pelamar dapat mengetahui langsung hasil seleksi usai mengikuti prosedur, di hari pertama bursa kerja atau keesokan harinya. Diperkirakan para pencari kerja di bursa kali ini tak hanya dari Karanganyar sekitarnya. Namun juga dari Jawa Timur. Para lulusan sekolah kejuruan, diploma maupun sarjana dipersilakan mendaftar di stan dengan membawa surat lamaran maupun mengisi data dirinya di meja panitia pendaftaran.

Lebih lanjut dikatakan, komposisi ketenagakerjaan di Karanganyar belum ideal. Jumlah pengangguran terbuka 16.815 orang dari total angkatan kerja 466.504 orang. Pemerintah berkewajiban membuka lowongan pekerjaan seluas-luasnya untuk memberi kesempatan penghidupan lebih baik di tengah persaingan ketat.

“Tujuan bursa kerja ini mempertemukan langsung pencari kerja dan penyedianya. Harapannya menyerap angkatan kerja sebanyak-banyaknya supaya menekan angka pengangguran,” katanya. (Lim)

BERITA REKOMENDASI